Chelsea Islan Tak Mau Lagi Pakai Berlian, Alasannya Bikin Salut

Ada alasan khusus di balik keputusan Chelsea Islan yang tak ingin menggunakan perhiasan berlian lagi.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 22 November 2023 icon 18:30 WIB
Chelsea Islan Tak Mau Lagi Pakai Berlian, Alasannya Bikin Salut

Chelsea Islan (Instagram/chelseaislan)

Banyak perempuan senang mengenakan perhiasan berlian yang memang terkenal dengan kilau indahnya. Namun, Chelsea Islan ternyata punya pemikiran berbeda.

Mengaku sempat menyukainya, saat ini Chelsea Islan sudah tak berminat lagi memakai berlian untuk mempercantik gayanya. Ada alasan khusus di balik itu.

"Ada satu hal lagi yang aku sangat-sangat anti banget adalah child labor. Jadi kalau pertambangan berlian itu pastinya di Kenya, di Rwanda, pokoknya di Afrika ya, dan di India, itu udah menjadi topik nomor satu banget untuk child labor," ungkapnya dalam podcast Putri Tanjung, dikutip dari unggahan akun TikTok ngobrolsoresemaunya.

Baca Juga: Keren! Berlian Avant Garde dan Haute Couture Karya Rinaldy Yunardi Dipamerkan saat Penerbangan

Chelsea Islan mengungkapkan, berdasarkan film dokumenter yang pernah dia tonton, banyak anak di bawah umur dipekerjakan dengan tidak layak demi mendapatkan berlian. 

"Karena banyak sekali anak kecil yang dipekerjakan di situ. Mereka kan, satu, di bawah umur, mereka harusnya berada di tempat yang mereka dapat edukasi yang layak. Bukan dipekerjakan seperti itu," tutur Chelsea Islan.

Bintang film Merry Riana ini menambahkan, "Dan banyak yang jarinya dipotong karena ketahuan mereka bawa pulang berliannya. Banyak yang meninggal, banyak yang tersiksa."

Baca Juga: 5 Koleksi Perhiasan Mewah Azizah Salsha, Gelang hingga Kalung Berkilauan

Oleh karena itu, saat mengenakan berlian, Chelsea Islan seolah bisa merasakan penderitaan anak-anak tersebut. Terlebih, penambangan berlian juga tidak punya konsep keberlanjutan yang merusak kelestarian bumi. 

"Nonton Blood Diamond, misalnya, terus documentary yang tentang diamond itu dikasih liat banget bahwa mereka itu sengsara sekali, anak-anak kecil di sana demi untuk mengambil berlian biar you look good, padahal prosesnya itu menguras tenaga dan juga darah," imbuhnya.

Baca Juga: Terinspirasi Seni Tradisional Bali dengan Sentuhan Modern, Merek Perhiasan John Hardy Rilis 4 Koleksi Musim Gugur 2023

"Banyak yng meninggal, banyak yang tersiksa, dan nggak bagus untuk bumi kita juga. Berapa hektar coba yang dikeruk sampai kayak gitu dan water usage-nya juga. Jadi ya bukan cuma polusi udara tapi polusi air juga," kata Chelsea Islan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI