Skin Minimalism, 3 Skincare Ini Wajib Dipakai untuk Menjaga Kecantikan Kulit

Ada tiga tahapan dasar yang tidak boleh diabaikan demi menjaga kesehatan kulit.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 24 November 2023 icon 12:00 WIB
Skin Minimalism, 3 Skincare Ini Wajib Dipakai untuk Menjaga Kecantikan Kulit

Ilustrasi membersihkan wajah dengan tisu basah. (Unsplash/Septian Simon)

Penggunaan skincare secara tepat memang menjadi kunci penting dalam upaya menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Meski begitu, kamu tidak harus melakukan begitu banyak jenis perawatan demi mendapat kulit sehat.

Dokter spesialis dermatologi venerologi dan estetika, dr. Dia Febrina, Sp.KK mengatakan, skincare yang wajib digunakan pada dasarnya cuma tiga, yakni untuk pembersihan (cleansing), melembapkan (moisturizing), dan melindungi (protecting). Konsep ini dikenal dengan sebutan skin minimalism.

Tiga tahap yang telah disebutkan dinilai sudah cukup untuk melindungi kulit, baik pada laki-laki maupun perempuan. Karena produk skincare yang dipakai juga sedikit, rutinitas perawatan kulit juga jadi tidak terlalu memakan banyak waktu.

Baca Juga: 5 Tips Memutihkan Kulit, Bukan Hanya Mengandalkan Skincare

"Sebenarnya skincare itu hanya menggunakan produk yang dibutuhkan oleh kulit. Semakin banyak yang digunakan, juga nggak bagus untuk kulit," ungkap dr. Dia, dikutip dari Suara.com.

Ilustrasi pelembap. (Pixabay/AdoreBeautyNZ)
Ilustrasi pelembap. (Pixabay/AdoreBeautyNZ)

Tiga tahapan tersebut juga dinilai cukup karena sudah sesuai dengan kebutuhan kulit. Cleansing berfokus pada upaya membersihkan berbagai noda yang ada pada kulit. Sementara, moisturizing untuk melembapkan kulit agar tidak kering.

Selanjutnya, penggunaan skincare protecting yakni sunscreen berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar matahari atau blue light yang bisa berdampak bahaya.

Baca Juga: Lakukan 5 Perawatan Ini setelah Waxing, Hindari Pakaian Ketat

Walau begitu, tak dipungkiri banyak orang kerap alami masalah seperti jerawat, kulit berminyak, dan lainnya. Jika hal tersebut terjadi, menurut dr.Dia, bisa menggunakan tambahan skincare yang keempat, yakni correction.

Penggunaannya tentu tetap haru sdisesuaikan dengan masalah kulit yang dialami. Jika sembarangan pakai, padahal tidak sesuai dengan kondis kulit, hasilnya juga tidak bagus.

"Jika ada concern atau permasalahan kulit yang ingin diperbaiki, bisa menggunakan skincare correction, tergantung permasalahan kulitnya. Misalnya, kulitnya berjerawat, maka dia membutuhkan kandungan yang ada niacinamide dan lainnya," terang sang dokter.

Dipaparkan pula selain terlalu banyak jenis yang dipakai, tak sedikit orang yang sering gonta-ganti produk. Terkait hal tersebut, dr. Dia menyarankan untuk melihat kecocokan terhadap skincare yang dipakai.

Baca Juga: Bedak Bayi Aman Dipakai Orang Dewasa atau Tidak? Perhatikan 5 Hal Ini

Dia menjelaskan, "Biasanya akan adaptasi. Nanti muncul jerawat-jerawat dari pori-pori, tapi setelah itu jadi membaik. Tapi kalau tidak cocok, biasanya akan kemerahan, gatal, dan masalah lainnya sehingga harus diganti."

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI