5 Tips Mengatasi Komedo, Jangan Malas Membersihkan Wajah

Kamu juga perlu melakukan eksfoliasi secara rutin dan berkala untuk mengatasi komedo.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 24 November 2023 icon 16:30 WIB
5 Tips Mengatasi Komedo, Jangan Malas Membersihkan Wajah

Ilustrasi perempuan membersihkan komedo (Pexels/benzoix)

Salah satu masalah kulit yang sering bikin geregetan adalah komedo. Banyak orang jadi kurang percaya diri gara-gara komedo, apalagi jika tampilannya sudah menghitas alias blackhead.

Bagaimana cara mengatasi komedo yang efektif? Dirangkum dari Byrdie, inilah beberapa tips menghilangkan komedo di wajah.

1. Rutin membersihkan wajah

Baca Juga: Polusi Udara Merusak Kecantikan Kulit, Perhatikan 3 Hal Ini

Membersihkan wajah adalah langkah pertama yang tidak boleh dilewatkan. Jika kamu biasa menggunakan makeup tebal, disarankan untuk double cleansing.

Jangan sampai ada sisa makeup dan kotoran yang bisa jadi penyebab utama pertumbuhan komedo. Jika kulitmu berjerawat, coba gunakan produk pembersih dengan kandungan asam salisilat. 

Mengangkat komedo dengan pore pack. (Shutterstock)
Mengangkat komedo dengan pore pack. (Shutterstock)

2. Eksfoliasi secara berkala

Baca Juga: Solusi Masalah Penuaan Dini, Kapan Boleh Pakai Perawatan Ultheraphy?

Sel kulit mati yang menumpuk bisa jadi biang keladi masalah kulit, termasuk komedo. Inilah mengapa penting untuk melakukan eksfoliasi menggunakan produk dengan kandungan asam glikolat. Eksfoliasi tidak perlu dilakukan setiap hari. Cukup lakukan 1-2 kali seminggu. 

3. Perawatan retinol

Penggunaan retinoid tidak hanya bisa membantu mencegah kerutan, tetapi juga efektif untuk mengatasi komedo dan jerawat. Formula ini berfokus pada regenerasi kulit sehingga bisa menajdi senjata ampuh untuk menjaga kesehatan kulit.

4. Menggunakan pore strip

Banyak orang mengandalkan pore strip untuk menghempas komedo, terutama di area hidung. Ada kepuasan tersendiri saat melihat komedo terangkat.

Walau demikian, jangan terlalu sering menggunakan pore strip. Untuk hasil optimal, lebih baik fokus pada perawatan pencegahan secara berkala.

5. Tabir surya

Dalam perawatan kulit, sunscreen adalah wajib direpurchase. Tak hanya melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar matahari, tetapi juga berfungsi menjaga kulit dari dampak negatif polusi.

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Jerawat Muncul Lagi, Ampuh Tanpa Pakai Obat-obatan Aneh

Selain itu, penggunaan tabir surya akan membantu menjaga ukuran pori-pori agar tetap terkendali dan tidak membesar sehingga rentan menjadi sarang komedo.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI