3 Tips Penting Menjaga Kesehatan Kulit, Bonus Cantik dan Glowing

Perhatikan beberapa hal krusial di bawah ini untuk menjaga kesehatan kulit.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 27 November 2023 icon 17:30 WIB
3 Tips Penting Menjaga Kesehatan Kulit, Bonus Cantik dan Glowing

Ilustrasi perempuan menggunakan topi di bawah terik matahari (Pexels/iilushk0)

Kulit termasuk bagian tubuh yang paling rentan terpapar radikal bebas. Oleh karenanya, dibutuhkan upaya ekstra untuk menjaga kesehatan kulit, bagi pria maupun wanita.

Kulit yang sehat tidak hanya didapatkan dari penggunaan berbagai produk kecantikan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan.

1. Istirahat yang cukup dan menghindari stres

Baca Juga: 4 Cara Merawat Kecantikan Bibir, Pahami Pentingnya Hidrasi hingga Eksfoliasi

Istirahat setelah melakukan aktivitas harian memang sangat disarankan. Ini supaya tubuh bisa mempunyai waktu yang cukup untuk  meregenerasi sel-sel mati dan melancarkan metabolisme. Sel-sel kulit pun bakal regenerasi saat seseorang beristirahat, utamanya tidur.

Tidur bersama hewan peliharaan (Pexels/Meruyert Gonullu)
Tidur bersama hewan peliharaan (Pexels/Meruyert Gonullu)

Orang dewasa disarankan untuk tidur malam selama 6-8 jam per hari. Jika kurang tidur, kulit akan tampak kusam dan tidak sehat.

Selain itu, usahakan untuk sesekali melakukan refreshing agar terhindar dari stres berlebi yang juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit.

Baca Juga: 3 Tips Memilih Brush Makeup, Jangan Cuma Cari Murahnya

2. Asupan Nutrisi Seimbang

Asupan makanan sehari-hari juga harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Penuhi kebutuhan nutrisi seimbang setiap hari. Makanan yang bergizi tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga perawatan kulit.

Makan beberapa jenis sayuran hijau dan buah-buahan yang bagus untuk menutrisi kulit. Kamu juga harus membiasakan untuk banyak minum air putih agar kulit tetap terhidrasi.

3. Menggunakan Produk Perawatan sesuai Kondisi dan Kebutuhan Kulit

Ini juga hal yang penting untuk menjaga kesehatan kulit. Hanya saja, perlu dipahami bahwa tidak semua produk perawatan cocok untuk semua orang.

Baca Juga: 6 Peeling Serum dari Brand Lokal, Harga di Bawah Rp50 Ribu

Kamu tetap harus menyesuaikan dengan kondisi kulit. Jika perlu, konsultasikan terlebih dahulu kepada para ahli seperti dokter kulit sebelum menggunakan produk dengan kandungan tertentu.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI