4 Hal yang Membuat Wajahmu Terlihat Lebih Tua dari Seharusnya

Berikut empat hal yang dapat membuat wajahmu terlihat lebih tua dari seharusnya!

By: Risna Halidi icon Selasa, 28 November 2023 icon 14:23 WIB
4 Hal yang Membuat Wajahmu Terlihat Lebih Tua dari Seharusnya

Ilustrasi. (Unsplash/Kal Loftus)

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar bukan berarti tak membuat tanda awal penuaan memudar. Bahkan beberapa hal kecil yang dilakukan setiap hari dapat membuat kulitmu terlihat semakin tua.

Dikutip dari Dermatologist New York, berikut empat hal yang dapat membuat wajahmu terlihat lebih tua dari seharusnya!

Ilustrasi Tanda-Tanda Penuaan Dini. (Elements Envato)
Ilustrasi Tanda-Tanda Penuaan Dini. (Elements Envato)

1. Tidak Konsumsi Makanan yang Sehat bagi Kulit
Makanan cepat saji kerap menjadi pilihan konsumsi sehari-hari. Padahal makanan tersebut tidak baik bagi tubuh dan kulit, yang dapat mengarah pada penuaan dini.

Baca Juga: 5 Skincare Berbahaya Temuan Badan POM, Termasuk HB Dosting yang Viral

Makan makanan tidak sehat seperti makanan cepat saji dapat membuat produksi kolagen berkurang. Jika sudah begitu, kulit akan menjadi kurang elastis hingga timbul kerutan di wajah.

Bagaimana cara mengatasinya? Coba konsumsi lebih banyak buah dan sayuran. Pilihan seperti ubi, brokoli, tomat misalnya, kacang-kacangan, alpukat akan sangat baik untuk kulit

2. Tidak Memakai Tabir Surya
Diantara perawatan wajah seperti mencuci muka, pelembap dan mengaplikasikan makeup, akan sangat mungkin bagi kita untuk melewatkan penggunaan tabir surya.

Baca Juga: Ternyata Ini Skincare Andalan Sophia Latjuba, Rahasia Awet Muda di Usia 50an

Padahal terpapar sinar matahari dapat menyebabkan kerutan di wajah, flek hitam serta masalah kulit lainnya seperti kanker kulit.

Bagaimana cara mengatasinya? Selalu biasakan menggunakan tabir surya atau sunscreen setiap hari bahkan saat mendung dan musim hujan.

3. Kurang Tidur
Tidak mendapatkan waktu tidur yang berkualitas dapat membuat kulit menua. Saat tidur, kulit akan mengalami regenerasi dan membuat kulit segar serta awet muda. Makanya sangat baik menggunakan skincare di malam hari.

Bagaimana cara mengatasinya? Pastikan selalu mendapat tidur yang cukup selama 7 sampai 8 jam setiap malam. Jangan lupa juga selalu pastikan sprei dan sarung bantal tetap bersih serta suhu ruangan dingin dan minim pencahayaan.

4. Minum Alkohol
Kebiasaan minum minuman alkohol dapat membuat kulit cepat menua. Alkohol dapat membuat kulit kekurangan cairan dan menggunggurkan vitamin penting yang dibutuhkan tubuh. Hal ini juga dapat membuat produksi kolagen berkurang hingga membuat kulit kering dan keriput.

Baca Juga: Skin Minimalism, 3 Skincare Ini Wajib Dipakai untuk Menjaga Kecantikan Kulit

Bagaimana cara mengatasinya? Setop atau kurangi konsumsi minum minuman alkohol. Jika terpaksa minum, pastikan selalu dalam batas sedikit.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI