Pejuang LDR Harus Tahu, 4 Kunci Sukses Menjalani Hubungan Jarak Jauh

Inilah beberapa hal yang mesti diperhatikan agar hubungan jarak jauh bisa tetap awet dan langgeng.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 28 November 2023 icon 09:15 WIB
Pejuang LDR Harus Tahu, 4 Kunci Sukses Menjalani Hubungan Jarak Jauh

Ilustrasi pasangan kompak (Pixabay/Toàn Lê)

Sebuah hubungan asmara tentu akan menemui banyak rintangan dan tantangan. Long distance relationship (LDR) seringkali menjadi cobaan terbesar bagi banyak pasangan.

Banyak pasangan yang tidak berhasil melewati rintangan LDR. Mereka memilih untuk mengakhiri hubungan jarak jauh tersebut.

Lantas, apa itu LDR? Bagaimana cara menjaga hubungan yang berat untuk dijalani ini?

Baca Juga: Pentingnya Effort dalam Hubungan Asmara, Simak 8 Tips untuk Melakukannya

Dilansir dari bringmysongtolife.com, LDR atau long distance relationship adalah ikatan antara dua individu yang terpisah secara geografis karena berbagai alasan. Hal ini mengurangi kesempatan mereka untuk kontak fisik dan komunikasi secara langsung.

Ilustrasi Kencan Online (Pexels/cottonbro)
Ilustrasi menjalani hubungan jarak jauh (Pexels/cottonbro)

Tantangan utama pejuang LDR adalah ikatan emosional mendalam yang dipertahankan melalui kepercayaan, cinta, kesetiaan, dan kasih sayang. Bagaimanapun, komunikasi yang sehat adalah kuncinya.

Banyak orang menghindari LDR. Selain tak bisa membayangkan betapa sulitnya hidup berjauhan, masalah kesetian menjadi keresahan utama. LDR dinilai hanya akan menambah peluang selingkuh.

Baca Juga: 8 Tanda Pasangan Red Flag, Bahaya untuk Kesehatan Mental

Bagaimana caranya menjaga keharmonisan hubungan jarak jauh? Berikut beberapa hal yang mesti diperhatikan oleh pasangan pejuang LDR.

1. Kepercayaan

Kepercayaan adalah faktor terpenting dalam sebuah hubungan, termasuk LDR. Saat melakoni LDR, seringkali ada ketakutan akan diselingkuhi.

Oleh karenanya, penting untuk percaya pada pasangan bahwa dia sanggup menjaga hati. Di sisi lain, kamu pun harus menjaga kepercayaan dari pasangan.

Kurangnya kepercayaan dapat menyebabkan masalah-masalah serius dalam hubungan, seperti kecemburuan, keraguan, kecurigaan, dan lainnya.

2. Komunikasi

Komunikasi memegang peranan penting dalam hubungan jarak jauh. Kesepakatan dalam pola komunikasi dapat menjadi kunci agar tidak ada pihak yang merasa diabaikan.

Kesibukan sehari-hari dan perbedaan zona waktu adalah tantangannya. Coba buat kesepakatan mengenai waktu yang tepat untuk berkomunikasi. Jika perlu, buat jadwal untuk melakukan panggilan telepon atau video call.

3. Komitmen

Godaan selingkuh diyakini meningkat saat pasangan menjalani hubungan jarak jauh. Oleh karena itu, kuncinya dalah komitmen terhadap hubungan dan menjaga diri sendiri.

Jarak dan kerinduan mungkin membuatmu ingin mencari pelampiasan sejenak hingga akhirnya malah selingkuh. Inilah mengapa penting untuk selalu memegang teguh komitmen berdua.

4. Kebebasan

Penting juga untuk tetap saling memberi ruang agar tidak ada ketergantungan yang berlebihan satu sama lain.

Biarkan dia menjalani hari-harinya di sana. Kamu pun bisa melakukan banyak hal positif untuk berkembang menjadi pribadi lebih baik.

Baca Juga: Pengertian Platonic Relationship, Hubungan Tanpa Hasrat

Itulah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan untuk menjaga keharmonisan LDR atau hubungan jarak jauh. Semoga bermanfaat! (*Muhamad Iqbal Fathuraman)

BERITA TERKAIT