Minuman Sehat, Resep 3 Ramuan Alami untuk Meredakan Nyeri Haid

Kamu bisa coba mengonsumsi beberapa minuman dari bahan-bahan alami untuk mengatasi nyeri haid.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 27 November 2023 icon 19:00 WIB
Minuman Sehat, Resep 3 Ramuan Alami untuk Meredakan Nyeri Haid

Sajian minuman herbal kayu manis (Unsplash/Julia Topp)

Saat menstruasi atau haid, banyak perempuan yang mengalami beberapa gejala seperti mual, kram perut, hingga nyeri. Tak sedikit dari mereka yang kemudian mencoba meredakan sakitnya dengan mengonsumsi minuman herbal.

Dikutip dari Halodoc, ada beberapa minuman racikan bahan alami yang bisa membantu mengatasi nyeri haid. Minuman apa yang biasanya kamu konsumsi?

1. Kayu Manis dan Madu

Baca Juga: 4 Kreasi Resep Es Cincau untuk Dinikmati saat Cuaca Panas, Segarnya Mantap

Kamu bisa mengonsumsi air rebusan kayu manis yang dicampur dengan sedikit madu. Kayu manis diyakini sebagai salah satu tanaman herbal yang mampu memperlancar menstruasi dan mengurangi efek nyerinya.

Ilustrasi nyeri haid. (Unsplash/Rawpixel)
Ilustrasi nyeri haid. (Unsplash/Rawpixel)

Sementara itu, madu adalah tambahan sehat yang juga kaya manfaat. Kamu hanya perlu merebus batang kayu manis dan mencampurnya dengan madu. Mudah, kan?

2. Kunyit dan Madu

Baca Juga: Resep Es Dawet Manis Segar, Cocok Dinikmati saat Cuaca Lagi Panas-panasnya

Kunyit telah lama menjadi bahan alami yang diandalkan banyak perempuan saat haid. Rempah ini mengandung semacam senyawa yang bersifat antipasmodik pada tubuh yang mana mampu melebarkan rahim sehingga memperlancar proses menstruasi.

Kamu hanya perlu merebus kunyit yang telah dikupas bersama tiga gelas air. Rebus hingga tersisa satu gelas. Setelahnya, tambahkan sedikit madu untuk memberikan rasa.

3. Sari Jahe

Selain kunyit, rempah lain yang baik dikonsumsi saat haid adalah air jahe. Efek teraupetik jahe akan meredakan nyeri haid dan membantu merangsang area rahim supaya keluarnya darah menjadi lebih lancar.

Kamu cuma perlu merebus jahe dengan air secukupnya. Minum air jahe di pagi hari. Kamu juga bisa mencampurkan air jahe dengan teh tawar. Minuman ini juga dipercaya ampuh mengurangi kembung saat menstruasi.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Minuman Fiber, Sering Jadi Andalan Penjual Diet

Itulah beberapa minuman herbal yang bisa dikonsumsi untuk membantu mengurangi nyeri haid. Semoga bermanfaat!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI