4 Manfaat Bunga Lotus, Ternyata Bisa Bantu Redakan Nyeri Haid

Ada begitu banyak manfaat bunga lotus yang mungkin belum kamu ketahui.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 15 Oktober 2023 icon 17:43 WIB
4 Manfaat Bunga Lotus, Ternyata Bisa Bantu Redakan Nyeri Haid

Ilustrasi bunga lotus yang kaya manfaat kesehatan (Pixabay/ha11ok)

Bunga lotus banyak disukai karena keindahannya. Selain itu, ternyata manfaat bunga lotus untuk kesehatan juga terbilang banyak.

Tanaman lotus initelah lama digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional, khususnya di wilauah Asia Timur dan Asia Tenggara. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah beberapa manfaat bunga lotus yang masih jarang diketahui orang-orang.

Mengatasi masalah diare 

Baca Juga: 4 Manfaat Bunga Matahari, Baik untuk Imunitas dan Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat lotus untuk kesehatan adalah membantu menghentikan diare. Caranya, rendam biji lotus dalam air hangat selama beberapa jam, kemudian tambahkan gula batu. Minum saat masih hangat.

Walau begitu, sebaiknya jangan hanya mengandalkan bunga lotus sebagai pengobatan. Ini mengingat penybab diare bisa sangat beragam, mulai dari virus, bakteri, keracunan makanan, dan lainnya.

Ilustrasi bunga lotus yang kaya manfaat kesehatan (Pixabay/Yves)
Ilustrasi bunga lotus yang kaya manfaat kesehatan (Pixabay/Yves)

Menjaga tekanan darah

Baca Juga: 5 Manfaat Bunga Peony, Kaya Antioksidan untuk Perawatan Kecantikan Kulit

Bunga lotus mengandung zat kalium yang bermanfaat dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan menjaga pembuluh darah agar tetap terbuka lebar. Inilah mengapa bunga lotus disebut baik untuk menjaga tekanan darah tetap dalam batas normal.  

Mengobati batuk 

Kamu juga memanfaatkan tanaman lotus untuk meredakan batuk. Campuran bunga lotus dan madu juga bisa membantu meredakan radang.

Meredakan nyeri haid 

Bukan kelopak bunga, bagian daun dan akar tanaman lotus sudah sejak lama dimanfaatkan untuk membantu mengatasi nyeri haid, termasuk melancarkan siklus menstruasi dan menghentikan perdarahan berlebih.

Baca Juga: 4 Manfaat Bunga Turi, Ampuh Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Biasanya, akar, daun, dan batang lotus ini diolah menjadi jus atau sup untuk dikonsumsi menjelang menstruasi. Hanya saja, masih dibutuhkan studi ilmiah lebih lanjut untuk melihat efektivitas motode pengobatan tradisional tersebut.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI