4 Manfaat Bunga Turi, Ampuh Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Pernah makan bunga turi yang rasanya khas? Inilah beberapa manfaat bunga turi untuk kesehatan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 09 Oktober 2023 icon 12:15 WIB
4 Manfaat Bunga Turi, Ampuh Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Ilustrasi bunga turi (Pixabay/Josch13)

Mungkin kamu kurang familiar dengan tanaman turi. Namun, selama ini tak sedikit orang yang mengambil bunganya untuk dikonsumsi sebagai lalapan. Memangnya, apa saja manfaat bunga turi?

Tanaman dengan nama latin sesbania grandiflora ini biasanya tumbuh subur di daerah beriklim tropis. Turi punya nama berbeda di sejumlah daerah, misal toroy, tuwi, dan gala-gala.

Selain bahan makanan, bunga turi juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami. Khasiatnya berasal dari kandungan senyawa penting di dalamnya, termasuk zat besi, kalsium, vitamin B1, dan vitamin B2.

Baca Juga: 4 Manfaat Bunga Melati, Bukan Melulu soal Hal Mistis

Merangkum Health Benefit Times, inilah beberapa manfaat bunga turi untuk kesehatan.

Ilustrasi bunga turi (Pixabay/Josch13)
Ilustrasi bunga turi (Pixabay/Josch13)

Membantu menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa dicegah dengan mengonsumsi bunga turi. Kandungan vitamin C bunga turi terbilang tinggi sehingga dapat menurunkan risiko seseorang menderita darah tinggi.

Baca Juga: Manfaat Bunga Krisan, Ternyata Bagus untuk Perawatan Kecantikan

Mencegah penyakit alzhaimer

Bunga turi juga kaya vitamin B1. Itu adalah salah satu zat gizi yang dikenal bisa menurunkan risiko penyakit alzhaimer yang biasanya diderita orang lanjut usia. 

Meningkatkan daya tahan tubuh

Mengonsumsi bunga turi juga bisa membantu untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Ini berkat kandungan zat selenium yang dikenal ampuh untuk memperlambat perkembangan virus dalam tubuh, termasuk virus penyebab penyakit HIV.

Membantu mengatasi migrain

Migrain atau sakit kepala sebelah mungkin dialami seseorang saat kekurangan asupan riboflavin dalam tubuh. Konsumsi makanan yang mengandung riboflavin dalam dosis yang tepat akan menurunkan risiko terjadinya migrain.

Baca Juga: 6 Manfaat Bunga Pepaya, Menambah Nafsu Makan hingga Sehatkan Jantung

Tak hanya itu, makanan yang mengandung vitamin B2 seperti bunga turi juga sangat cocok untuk dikonsumsi dalam menu makanan sehari-hari. Selain menyehatkan tubuh secara umum, hal itu juga mengatasi penyakit migrain.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI