4 Manfaat Bunga Matahari, Baik untuk Imunitas dan Kesehatan Jantung

Apa saja manfaat bunga matahari untuk kesehatan tubuh? Berikut beberapa di antaranya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 11 Oktober 2023 icon 16:38 WIB
4 Manfaat Bunga Matahari, Baik untuk Imunitas dan Kesehatan Jantung

Minyak bunga matahari. (Pixabay/Bruno /Germany)

Keindahan bunga matahari bisa dibilang memiliki pesonanya tersendiri. Selain itu, manfaat bunga matahari ternyata juga begitu banyak, terutama untuk kesehatan tubuh.

Bunga matahari adalah tanaman yang mengandung protein dan asam lemak tak jenuh. Kedua kandungan tersebut memang diketahui baik bagi kesehatan tubuh.

Menariknya lagi, setiap bagian tanaman bunga matahari memiliki khasiat masing-masing, mulai dari kelopak, daun, batang, dan hingga bijinya. Hanya saja, kandungan nutrisi terbanyak ada pada biji bunga matahari.

Baca Juga: 6 Manfaat Sayur Bayam, Kaya Nutrisi Menyehatkan

Apa kamu suka makan camilan kuaci yang terbuat dari biji bunga matahari? Dirangkum dari berbagai sumber, ketahui sejumlah manfaat bunga matahari berikut ini.

Minyak bunga matahari. (Shutterstock)
Minyak bunga matahari. (Shutterstock)

Membantu mengatasi peradangan atau inflamasi

Kondisi peradangan atau inflamasi pada dasarnya adalah respons alami tubuh. Hanya saja, kamu tidak boleh mengabaikannya begitu saja karena kondisi tersebut juga bisa menjadi tanda penyakit kronis.  

Baca Juga: 4 Manfaat Bunga Turi, Ampuh Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Konsumsi biji bunga matahari secara rutin akan membantu mengurangi masalah peradangan pada tubuh. Bahkan, tak terkecuali membantu menurunkan kadar protein C yang berkaitan dengan penyakit jantung atau diabetes tipe 2. 

Bagus untuk kesehatan jantung

Ada sebuah senyawa yang bermanfaat memblokir enzim agar pembuluh darah menyempit pada biji bunga matahari. Terdapat pula kandungan magnesium dan asam linoleat yang bermanfaat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Menurunkan kadar gula darah

Manfaat berikutnya berkaitan dengan kandungan chlorogenic acid pada biji bunga matahariIni adalah senyawa yang dibutuhkan penderita diabetes tipe 2. Konsumsi 30 gram biji bunga matahari setiap hari disebut dapat membantu dalam mengurangi gula darah. 

Meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh

Baca Juga: 5 Manfaat Bunga Saffron, Khasiatnya Semewah Harganya

Tingginya kandungan vitamin E pada minyak biji bunga matahari bagus untuk membantu menjaga imunitas.  Vitamin E sendiri mengandung senyawa antioksidan yang berperan penting dalam mengoptimalkan kinerja sistem imun.

BERITA TERKAIT