5 Masker Wajah Alami, Begini Cara Mudah Membuatnya

Berikut cara membuat masker wajah alami dari berbagai bahan yang mudah ditemukan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 07 Desember 2023 icon 11:30 WIB
5 Masker Wajah Alami, Begini Cara Mudah Membuatnya

Madu dan lemon. (Pixabay/ExplorerBob)

Masker wajah alami bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Ada berbagai bahan alami yang dapat dimanfaatkan, seperti buah-buahan, rempah, madu, dan lainnya.

Cara membuat masker wajah alami juga tidak sulit. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa bahan yang bisa dipakai dan cara membuatnya.

Lemon

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Jerawat yang Aman untuk Kulit Sensitif, Jangan Dipencet!

Lemon dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin C dan flavonoid sehingga sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan lemon juga diketahui bermanfaat mencerahkan kulit dan membantu mengatasi wajah kusam.

Campurkan air perasan lemon dengan minyak almond, oatmeal, dan putih telur secukupnya. Oleskan pada wajah yang telah dibersihkan. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Buah alpukat. (Unsplash/Alina Karpenko)
Buah alpukat. (Unsplash/Alina Karpenko)

Alpukat

Baca Juga: 5 Urutan Skincare Malam untuk Wajah Sehat dan Glowing, Jangan Malas Cuci Muka!

Alpukat dapat kamu gunakan sebagai bahan masker wajah alami. Buah ini memiliki kandungan lemak yang bermanfaat untuk melembapkan, melembutkan serta mengencangkan kulit.

Kandungan nutrisi dan vitamin B dalam alpukat juga berkhasiat melembapkan dan mengeksfoliasi kulit kering.

Cara membuatnya, campurkan 1/2 buah alpukat matang, 2 sendok makan oatmeal, 1 butir putih telur, dan 1 sendok teh perasan air lemon. Aduk rata.

Selanjutnya, oleskan pada area wajah. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Lidah Buaya

Bahan alami lainnya yang bisa kamu gunakan sebagai masker wajah adalah lidah buaya. Tanaman ini mengandung antioksidan, anti radang, dan zat pencerah serta mencegah penuaan dini.

Untuk memperoleh manfaat tersebut, kamu bisa menggunakan produk gel atau masker lidah buaya. Aplikasikan pada wajah, diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Madu

Sudah menjadi rahasia umum bahwa madu memiliki segudang manfaat, salah satunya sebagai bahan alami perawatan kecantikan.

Kandungan vitamin C dan E serta antioksidan flavonoid dalam madu berguna untuk menghilangkan sel-sel kulit mati penyebab wajah kusam.

Kamu bisa mencampurkan madu dengan sedikit air hangat untuk mengurangi tekstur lengket. Selanjutnya, oleskan sebagai masker wajah. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih.

Kunyit 

Kunyit merupakan salah satu tanaman herbal yang sudah lama digunakan untuk membantu memudarkan noda pada wajah, menghilangkan jerawat, serta membuat kulit tampak lebih cerah dan sehat.

Kandungan seperti zat anti radang, antioksidan, hingga antibakteri di dalamnya dipercaya dapat mencegah dan mengatasi berbagai masalah kulit wajah.

Campurkan bubuk kunyit dengan air dan madu. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit,  kemudian bilas hingga bersih.

Baca Juga: 7 Tips Perawatan Wajah Alami, Rajin Membersihkan Wajah hingga Ganti Sarung Bantal

Itulah beberapa cara membuat masker wajah alami. Semoga bermanfaat! (*Gigih Persada Putra Mahmud)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI