Penyebab Celana Dalam Perempuan Sering Cepat Bolong, Ini Cara Mencegahnya

Kenapa celana dalam perempuan sering tiba-tiba bolong pada bagian tengahnya?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 08 Desember 2023 icon 17:30 WIB
Penyebab Celana Dalam Perempuan Sering Cepat Bolong, Ini Cara Mencegahnya

Ilustrasi celana dalam perempuan (Unsplash/penki .ir)

Kamu mungkin penasaran mengapa celana dalam bisa tiba-tiba bolong setelah beberapa waktu pemakaian. Apakah hal seperti itu bisa dicegah?

Bagian yang bolong biasanya juga ada di titik yang sama. Sebenarnya apa yang membuat pakaian dalam perempuan ini sering bernasib seperti itu?

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Ruri Diah Pamela Sp.KK mengungkapkan, kondisi celana dalam yang bolong ini sebenarnya bisa diakibatkan keputihan. Sifat keputisan yang asam membuat celana dalam semakin terkikis dari waktu ke waktu.

Baca Juga: 4 Cara Mencuci Bra yang Benar, Apakah Boleh Pakai Mesin Cuci?

Ilustrasi pakaian dalam. (Pexels/Karolina Grabowska)
Ilustrasi pakaian dalam. (Pexels/Karolina Grabowska)

"Beberapa perempuan nggak sadar celana dalamnya rusak. Hal ini terjadi akibat mengalami keputihan dan sifatnya asam yang keluar dari area kewanitaan," ucap dr. Ruri, dikutip dari Suara.com.

Selain keputihan, penggunaan deterjen yang tidak sesuai untuk mencuci pakaian dalam ternyata dapat membuatnya rusak dan bolong.

"Ditambah pemakaian deterjen dan seringkali tidak disadari. Pakaian dalam kalau dicuci menggunakan deterjen akan meninggalkan residu," terangnya.

Baca Juga: Tips Memilih Bra yang Nyaman, Perhatikan 5 Bentuk Payudara Ini

Jika bertemu dengan keputihan dari area kewanitaan, residu yang menempel tersebut bakal menimbulkan reaksi kimia. Inilah yang bahan pakaian menjadi terkikis.

"Ini akan menempel setelah lipatan pakaian dalam reaksi dengan cairan keputihan yang keluar dari area kewanitaan maka akan menimbulkan reaksi kimia yang menyebabkan kerusakan di bagian pakaian dalam," kata dr. Ruri menjelaskan.

Oleh karenanya, penggunaan deterjen untuk mencuci pakaian dalam sebaiknya lebih diperhatikan. Pasanya, bukan hanya bikin bolon, perkara deterjen juga bisa memicu masalah kesehatan lainnya, termasuk keputihan abnormal.

Ada beberapa gejala keputihan yang abnormal. Selain warnanya yang kuning-kuning pekat kehijauan, dr.Ruri menyebut keputihan yang tidak sehat juga akan menimbulkan bau, rasa gatal, dan iritasi pada area Miss V.

Baca Juga: Hijau Perlu Dihindari, Ternyata Ini Arti Warna Pakaian Dalam Wanita

Menariknya, Filmore Pharma telah merilis deterjen pakaian dalam bernama "Laundry Lab". Produk ini diklaim efektif membersihkan kotoran berbasis protein dan lemak seperti noda darah menstruasi serta lendir keputihan yang mengandung bakteri.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI