Apa Itu Safety Shoes? Penting untuk Meningkatkan Keselamatan Kerja

Desain safety shoes kini juga semakin beragam dan modis.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 11 Desember 2023 icon 16:45 WIB
Apa Itu Safety Shoes? Penting untuk Meningkatkan Keselamatan Kerja

Berbagai model safety shoes (Instagram/kingpowersafety)

Tahukah kamu seberapa penting penggunaan sepatu pengamanan atau keselamatan yang populer disebut safety shoes? Ini merupakan salah satu Alat Pelindung Diri (APD) yang penting digunakan pekerja untuk menciptakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Di industri manufaktur, konstruksi, pertanian, dan kehutanan, cedera kaki adalah risiko yang dihadapi sehari-hari. Cairan panas, bahan kimia, benda tajam, benda berat, tempat kerja yang basah atau licin, dan bahaya listrik, tentu dapat berakibat cedera serius jika pekerja tidak terlindungi dengan baik.

Ketua Umum Forum QHSE BUMN Konstruksi & Ketua Komisi II Dewan K3 Nasional (DK3N) Ir. Subkhan, M. PSDA, IPU, Asean Eng, mengungkapkan, APD yang efektif mendukung keselamatan kerja, baik di tempat kerja maupun saat melakukan perjalanan, merupakan aspek penting dalam komitmen menciptakan lingkungan kerja sehat dan aman.

Baca Juga: 5 Sepatu Branded Selvi Ananda, Istri Gibran Rakabuming Raka yang Modis Banget

"Salah satu aspek penting dalam K3 adalah ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD). Penggunaan APD, termasuk sepatu pengamanan, telah diatur pada Peraturan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2010," ujarnya, dikutip dari Suara.com.

Sebagai salah satu aspek K3, sepatu safety memang memainkan peran penting dalam melindungi keselamatan pekerja. Selain itu, seiring perkembangan zaman, kini semakin banyak bermunculan safety shoes dengan berbagai inovasi.

Tak hanya fokus pada aspek keamanan, safety shoes juga hadir dengan model fashionable yang tetap mengedepankan kenyamanan. Itulah yang ditawarkan King Power Safety (KPS) dalam produknya.

Baca Juga: 6 Cara Merawat Sepatu Kulit, Ternyata Sangat Mudah dan Tanpa Drama

Baca Juga: Lebih Keren! Creeper Phatty dari Rihanna Hadir Kembali

"Sepatu keselamatan kami pun telah memenuhi peraturan dan standar global dapat dipertimbangkan oleh industri dan pekerja individu sebagai Alat Perlindungan Diri yang efektif mendukung keselamatan kerja, baik di tempat kerja maupun saat berada di perjalanan pergi-pulang kerja," ungkap Managing Director King Power Safety, Peter Yao.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI