Reapply Sunscreen Itu Penting, Kapan Harus Melakukannya?

Harus seberapa sering mengaplikasikan ulang sunscreen atau tabir surya?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 11 Desember 2023 icon 19:00 WIB
Reapply Sunscreen Itu Penting, Kapan Harus Melakukannya?

Ilustrasi perempuan menggunakan tabir surya untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari (Freepik/Lifestylememory)

Salah satu rutinitas skincare yang tidak boleh dilewatkan adalah penggunaan sunscreen atau tabir surya. Fungsi utamanya adalah melindungi kulit dari bahaya paparan langsung sinar matahari.

Dibanding produk skincare lainnya, tabir surya paling sering kamu beli. Produk ini lebih cepat habis karena adanya kebutuhan untuk reapply atau mengaplikasikan ulang dalam sehari.

Dilansir dari InStyle, para dermatolog merekomendasikan penggunaan tabir surya dengan sun protection factor (SPF) minimal 30. Bahkan, disarankan memakai produk dengan SPF 50.

Baca Juga: Banyak Dermatolog Belajar Perawatan Kecantikan di Korea, Ini Alasannya

Penggunaan sunscreen bisa dianggap investasi jangka panjang untuk kesehatan kulit. Oleh karenanya, jangan sampai lupa menggunakan sunscreen atau malah sengaja melewatkannya.

Penggunaan sunscreen bermanfaat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. (Unsplash/qi bin)
Penggunaan sunscreen bermanfaat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. (Unsplash/qi bin)

Kamu perlu melakukan reapply sunscreen secara berkala, terlebih saat beraktivitas di luar ruangan. Jika menggunakan tabir surya dengan SPF 30, kamu mesti mengaplikasikan ulang setiap dua jam. Rentang waktunya bisa bertambah jika SPF yang terkandung lebih tinggi.

Bagian tubuh yang butuh perlindungan tabir surya bukan hanya wajah. Kamu juga perlu melindungi bagian lain yang umumnya tidak tertutupi pakaian, seperti telinga, leher, dan punggung tangan.

Baca Juga: 5 Urutan Skincare Pagi Paling Penting, Siap-Siap Glow Up!

Tentu saja, pastikan kamu memilih produk yang benar-benar aman dan teruji secara klinis. Jangan murah tergoda dengan harga murah, baik saat membeli tabir surya untuk wajah maupun bagian tubuh lainnya.

Selain itu, hindari hanya fokus mencari produk sunscreen yang mengusung klaim mencerahkan kulit. Pahami bahwa fungsi utama sunscreen adalah melindungi kulitmu dari efek buruk paparan sinar matahari, bukan mencerahkan seketika.

Baca Juga: 2 Jenis Skincare yang Wajib Dibawa saat Mendaki Gunung menurut Penjelajah Perempuan Putri Handayani

Dikutip dari Hello Sehat, manfaat sunscreen memang sangat banyak, termasuk memperlambat pembentukan kerutan, mencegah kulit terbakat, hingga menurunkan risiko kanker. Oleh karenanya, selalu gunakan tabir surya pada 15-30 menit sebelum keluar rumah.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI