Musim Hujan Rawan Ketombean, Ini 3 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Berikut beberapa tips menjaga kesehatan kulit kepala saat musim hujan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 12 Desember 2023 icon 07:00 WIB
Musim Hujan Rawan Ketombean, Ini 3 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Ilustrasi perempuan memiliki masalah rambut berketombe. (Freepik)

Kamu perlu mewaspadai beberapa potensi masalah kesehatan yang dapat muncul selama musim hujan. Salah satunya adalah peningkatan risiko ketombe.

Bagaimana cara mencegahnya? Dilansir dari siaran pers CLEAR, beberapa tips yang bisa diterapkan.

1. Lindungi Kulit Kepala dari Dingin dan Lembab yang Berlebih

Baca Juga: Perawatan Rambut Rontok, Perhatikan 7 Hal Penting Ini

Suhu dingin dan tingginya kelembapan udara saat musim hujan dapat memicu peningkatan kemunculan ketombe. Kulit kepala lebih rentan menjadi kering, membuat sel kulit mati dan mengelupas sehingga menyebabkan ketombe kering.

Kulit kepala yang didiamkan basah terlalu lama tanpa dikeringkan dengan baik juga bisa meningkatkan risiko munculnya ketombe basah. Ini karena terjadi penumpukan kotoran dan minyak.

2. Perkuat Scalp Barrier dengan Niacinamide

Baca Juga: 7 Perawatan Rambut Bercabang, Pilih Produk yang Tepat hingga Perbaiki Asupan Nutrisi

Menurut studi yang diterbitkan pada Journal of Cosmetics, Dermatological and Applications, kulit kepala memiliki pertahanan yang lebih rentan dibandingkan dengan kulit area wajah. Gangguan pada scalp barrier dapat memicu kondisi-kondisi yang mengakibatkan ketombe selalu muncul kembali.

Kandungan niacinamide bermanfaat meningkatkan komponen penunjang scalp barrier. Niacinamide juga terbukti menutrisi scalp barrier dan mengurangi peradangan sehingga mencegah ketombe datang kembali.

3. Bersihkan Rambut dan Kulit Kepala secara Rutin

Kamu bisa keramas untuk membersihkan rambut dan kulit kepala secara rutin. Pilih produk sampo yang dapat membantu menjaga scalp barrier.

CLEAR menghadirkan teknologi 10x Super Vitamin yang telah terbukti secara klinis untuk mengatasi ketombe dan mencegahnya datang kembali. Komponen kuncinya adalah niacinamide yang sudah dikenal sebagai bahan skincare.

Baca Juga: 6 Tips Rambut Lebat dan Tumbuh Panjang Lebih Cepat, Pola Makan Juga Berpengaruh

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan kulit kepala untuk mencegah munculnya ketombe saat musim hujan. Semoga bermanfaat!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI