Urutan Makeup Paling Simpel, Dapatkan Tampilan Natural dan Memesona

Berikut urutan makeup yang sederhana dan bisa menghasilkan tampilan cantik natural.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 12 Desember 2023 icon 13:00 WIB
Urutan Makeup Paling Simpel, Dapatkan Tampilan Natural dan Memesona

Perempuan menggunakan makeup. (Unsplash/Roberto Delgado Webb)

Makeup pada dasarnya adalah seni yang memungkinkan kita mengekspresikan perasaan dan meningkatkan kepercayaan diri. Inilah mengapa setiap orang bisa saja memiliki gaya riasannya sendiri.

Untuk mendapatkan hasil optimal, kamu perlu mengetahui urutan makeup yang benar. Dilansir dari berbagai sumber, berikut urutan pengguanaan produk makeup. 

Membersihkan Wajah

Baca Juga: 2 Cara Mudah Melentikkan Bulu Mata, Tak Usah Eyelash Extension

Membersihkan wajah merupakan tahapan penting sebelum kamu mengaplikasikan riasan pada wajah. Pastikan wajah bersih dari kotoran, sebum, dan sel kulit mati.

Tujuannya adalah menghindari pori-pori wajah tersumbat sehingga menimbulkan jerawat yang bisa mengganggu penampilan.

Ilustrasi pelembap. (Pixabay/AdoreBeautyNZ)
Ilustrasi pelembap. (Pixabay/AdoreBeautyNZ)

Menggunakan Pelembap

Baca Juga: Cara Cepat Mengatasi Dark Spot di Wajah, Cukup Pakai 2 Teknik Base Makeup

Tahapan kedua, gunakan pelembap yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit. Disarankan memilih pelembap dengan kandungan SPF setidaknya 15 untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Sunscreen

Penggunaan sunscreen bermanfaat membantu kulit terlindungi dari efek buruk paparan sinar matahari serta menangkal radikal bebas.

Produk ini juga baik untuk menjaga kelembapan kulit dan menghindari iritasi saat memakai makeup. Sebaiknya pilih tabir surya dengan minimal SPF 30 untuk perlindungan optimal.

Primer

Andalkan primer sebagai base makeup untuk membuat bedak atau riasan wajah menjadi tampak lebih halus dan tahan lama.

Primer sendiri berfungsi mengisi garis dan pori-pori wajah sehingga membantu menghaluskan tekstur wajah yang tidak rata.

Foundation

Foundation tentu sangat berguna untuk menyamarkan ketidaksempurnaan tekstur maupun warna kulit. Pilih shade yang sesuai tone kulit wajahmu.

Concealer

Kamu bisa menggunakan concealer untuk menutupi noda bekas jerawat dan lingkaran hitam di bawah mata.

Concealer juga dapat digunakan untuk menonjolkan bagian wajah tertentu, seperti dahi, tulang pipi dan tulang hidung.

Bedak Wajah

Setelah concealer dan foundation, aplikasikan bedak. Penggunaan bedak memberikan lapisan tipis untuk tampilan lebih alami. Produk kosmetik ini juga dianjurkan untuk pemilik kulit wajah berminyak.

Blush On

Aplikasikan blush on pada bagian tulang pipi untuk memberikan tampilan segar dan bersemangat. Pilih warna yang sesuai dengan tone kulitmu agar tidak terkesan menor.

Eyeshadow

Urutan makeup berikutnya adalah pengaplikasian eyeshadow. Pilih warna eyeshadow yang sesuai dengan tema atau kebutuhan tampilan kamu.

Eyeliner

Penggunaan eyeliner penting untuk mempertegas bentuk mata dan membuatnya terlihat lebih lebih tajam serta menarik perhatian.

Ada beberapa jenis eyeliner yang bisa dipilih, antara lain eyeliner cair, pensil, maupun gel.

Maskara

Maskara membantu membuat bulu mata lebih panjang dan tebal bervolume. Gerakan sikat secara zig-zag dari pangkal bulu mata hingga ujungnya untuk mendapatkan hasil optimal.

Lipstik

Riasan bibir jelas tidak boleh dilewatkan. Pilih warna lipstik yang sesuai dengan selera dan mewakili kepribadianmu. Kamu juga juga bisa menyesuaikannya dengan tampilan makeup secara keseluruhan.

Setting Spray

Baca Juga: BPOM Temukan 4 Bahan Kimia Berbahaya pada Jutaan Produk Kosmetik Tanah Air

Langkah terakhir, kamu bisa semprotkan setting spray untuk mengunci makeup dan memastikan riasanmu tahan lama sepanjang hari. (*Gigih Persada Putra Mahmud)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI