Urutan Pemakaian Skincare yang Benar, Kunci Wajah Sehat dan Glowing

Jangan sembarangan pakai produk perawatan wajah. Berikut urutan skincare yang benar.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 12 Desember 2023 icon 12:00 WIB
Urutan Pemakaian Skincare yang Benar, Kunci Wajah Sehat dan Glowing

Ilustrasi perempuan menggunakan serum untuk perawatan wajah. (Freepik)

Penggunaan produk skincare telah menjadi kebutuhan penting untuk mendapatkan kulit cerah, sehat, dan awet muda, khususnya bagi perempuan.

Tidak ada yang benar-benar instan. Jika ingin punya kulit sehat dan bercahaya, kamu membutuhkan perawatan yang tepat dan konsisten. 

Salah satu kunci utama perawatan kulit yang efektif adalah mengikuti urutan pemakaian skincare yang benar.

Baca Juga: Banyak Dermatolog Belajar Perawatan Kecantikan di Korea, Ini Alasannya

Penggunaan skincare nyatanya tidak boleh terbalik atau keliru. Hal tersebut bisa memengaruhi efektivitas dan kinerja penyerapan produk perawatan pada kulit.

Ilustrasi perempuan menggunakan tabir surya untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari (Freepik/Lifestylememory)
Ilustrasi perempuan menggunakan tabir surya untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari (Freepik/Lifestylememory)

Cara menentukan urutan pemakaian skincare sebenarnya tidak sulit. Kamu hanya perlu menggunakan produk yang teksturnya paling ringan terlebih dahulu. 

1. Pembersih Wajah (Cleanser)

Baca Juga: Perawatan Kecantikan Ini Lagi Hype di Korea, Bikin Wajah Awet Muda

Langkah paling utama dalam pemakaian produk perawatan adalah membersihkan wajah dari debu, kotoran, minyak, dan sisa makeup.

Pilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu, apakah termasuk kering, berminyak, atau kombinasi.

2. Toner

Setelah membersihkan wajah, kamu bisa gunakan toner untuk menyeimbangkan pH kulit. Ini sekaligus mempersiapkan untuk penyerapan produk perawatan berikutnya.

3. Serum

Serum mengandung bahan aktif dengan konsentrasi tinggi untuk mengatasi masalah kulit tertentu, seperti anti-aging, hiperpigmentasi, ataupun hidrasi. Kamu dapat menggunakan serum sesuai dengan kondisi kulit wajah.

4. Pelembap (Moisturizer)

Urutan pemakaian skincare selanjutnya adalah penggunaan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit untuk menjaga kelembapannya.

Pemilik kulit berminyak juga tetap membutuhkan pelembap. Fungsinya adalah membantu menjaga kulit tetap terhidrasi.

5. Sunscreen

Penting bagimu untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya. Sunscreen yang efektif melindungi kulit dari bahaya sinar UV harus memiliki kandungan SPF minimal 30.

Baca Juga: 5 Masker Wajah Alami, Begini Cara Mudah Membuatnya

Dengan mengikuti urutan pemakaian skincare yang benar, kamu dapat memiliki kulit sehat, berseri, dan terlindungi. (*Gigih Persada Putra Mahmud)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI