5 Tips Diet untuk Pemula, Begini Cara Sehat Menurunkan Berat Badan

Ingin menurunkan berat badan dengan cara yang sehat? Simak beberapa tips diet untuk pemula berikut.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 12 Desember 2023 icon 11:08 WIB
5 Tips Diet untuk Pemula, Begini Cara Sehat Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi program diet. (Unsplash/Jamie Matociños)

Berat badan ideal menjadi idaman banyak orang. Tak heran, banyak orang mencari tips diet terbaik untuk menurunkan berat badan.

Diet yang baik membutuhkan perubahan pola makan dan gaya hidup. Karena itu, kamu perlu mempersiapkan diri untuk melakukannya.

Dilansir dari webmd.com, terdapat beberapa tips diet untuk pemula yang bisa coba diterapkan. Tentu saja, konsisten adalah kunci sukses menurunkan berat badan.

Baca Juga: Tips Diet Telur untuk Menurunkan Berat Badan, Ini Rekomendasi Menunya

Rencanakan Menu Makan

Jangan hanya konsumsi makanan yang kamu sukai, tetapi pilih menu sehat juga. Pilih makanan yang tidak diolah berkali-kali agar kandungan gizinya dapat diserap dengan maksimal oleh tubuh.

Makanan yang tidak diolah berkali-kali adalah buah-buahan, sayuran, biji-bijian, produk susu rendah lemak, daging tanpa lemak, makanan laut, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan. Makanan rendah kalori ini mampu membuatmu kenyang lebih lama.

Baca Juga: 5 Manfaat Diet Break, Ini Waktu Terbaik untuk Melakukannya

Ilustrasi diet. (Unsplash/Rawpixel)
Ilustrasi diet. (Unsplash/Rawpixel)

Mulai dengan Perlahan

Jangan terlalu terburu-buru. Jangan langsung membebani dirimu dengan aturan yang sangat ketat. Mulailah secara perlahan, sedikit demi sedikit, tetapi konsisten dilakukan setiap hari.

Cara mudah yang bisa dilakukan adalah mengisi kulkasmu dengan bahan makanan sehat. Ini akan membuatmu terbiasa mengonsumsi makanan sehat yang sudah tersedia.

Buat Pencapaian yang Realistis

Banyak orang ingin menurunkan berat badan dengan target tidak realistis. Mereka bermimpi membuang lemak tubuh sebanyak-banyaknya dalam waktu singkat.

Ketahuilah bahwa angka timbangan yang turun 5-10 persen dari berat badan awal sudah dapat memberikan berbagai dampak positif bagi kesehatan kesehatan. Meski berat badanmu turun sedikit, kamu mendapatkan manfaat lain seperti menurunkan tekanan darah, kadar gula darah, dan kolesterol.

Lebih baik buat target mingguan atau bulanan yang realistis saja. Jangan terlalu memaksakan diri atau kamu malah akan frustasi dan ujung-ujungnya gagal diet.

Beri Penghargaan pada Diri

Saat berhasil meraih target yang telah ditetapkan, kamu berhak mendapatkan hadiah atas hasil kerja kerasmu itu.

Kamu bisa sekedar bersantai sambil menonton film kesukaa atau jalan-jalan santai di taman. Belilah barang yang selama ini sudah lama masuk dalam wishlist belanjaan kamu.

Lakukan Workout

Pola makan sehat dan mengurangi kalori hanyalah sebagian dari formula keberhasilan penurunan berat badan. Melakukan aktivitas fisik secara teratur juga mesti diperhatikan.

Olahraga adalah alat yang ampuh untuk membantu membakar kalori serta meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi sekaligus mengurangi stres. Olahraga pun akan meningkatkan kesehatanmu secara keseluruhan.

Diet akan terasa ringan jika tujuanmu adalah menjaga kesehatan. Bentuk badan yang ideal adalah bonus pola hidup sehat.

Baca Juga: Resep Spring Roll Khas Vietnam, Cocok Jadi Menu Diet Fancy

Itulah beberapa tips diet untuk pemula. Sangat mudah, kan? Semoga Bermanfaat. (*Muhamad Iqbal Fathurahman)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI