Gaun Adiba Khanza Karyanya Viral, Ternyata Segini Honor Ivan Gunawan saat Awal Jadi Desainer

Bayaran yang diterima Ivan Gunawan ternyata bahkan tak sampai Rp1 juta.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 12 Desember 2023 icon 19:45 WIB
Gaun Adiba Khanza Karyanya Viral, Ternyata Segini Honor Ivan Gunawan saat Awal Jadi Desainer

Ivan Gunawan (Instagram/ivan_gunawan)

Kiprah Ivan Gunawan sebagai desainer tak perlu diragukan lagi. Salah satu karyanya yang baru-baru ini mencuri perhatian adalah gaun pernikahan Adiba Khanza dengan Egy Maulana Vikri.

Gaun yang dipakai Adiba Khanza saat acara resepsi itu tampak unik dengan perpaduan warna hitam dan putih. Desainnya pun tampak begitu unik.

"Membuat gaun pengantin mahakarya abadi dalam warna hitam dan putih untuk @adiba.knza yang menangkap esensi dari kepribadian cantiknya," ungkap Ivan Gunawan pada keterangan unggahannya, Minggu (10/12/2023).

Baca Juga: Kisah Cinta Adiba Khanza dan Egy Maulana Vikri, Pejuang LDR Berujung Naik Pelaminan

Busana bikinan tangan dingin Ivan Gunawan sudah sangat sering membuat masyarakat Indonesia bangga. Sang desainer juga telah sukses membawa karyanya ke level internasional. 

Siapa sangka, Ivan Gunawan ternyata tidak pernah mengenyam sekolah mode secara formal. Hal itu sempat dia ungkapkan saat menjadi tamu dalam sebuah talkshow pada 2022 lalu.

"Aku sampai hari ini nggak pernah sekolah desain, jadi bener-bener autodidak," tuturnya, dilansir dari Suara.com.

Baca Juga: Emas hingga Uang Euro, Ini Makna Mahar Pernikahan Egy Maulana Vikri dan Adiba Khanza

Pada video yang ditayangkan di kanal Youtube Diary Rintisan by Finfolk, Ivan Gunawan juga pernah berbagi kisah awal mula dirinya menjadi desainer. Dia bahkan masih ingat bayaran yang didapatnya saat itu.

Lahir dari keluarga diplomat di mana sang ayah adalah seorang pegawai negeri, Ivan Gunawan mengaku tidak memiliki banyak privilege kala itu. Ayahnya cuma mengandalkan gaji bulanan, tanpa punya pekerjaan atau bisnis lainnya.

Lulus SMA pada 2000, Ivan memulai kariernya dengan bekerja bersama Adjie Notonegoro, pamannya yang merupakan desainer terkemuka di Indonesia. 

"Alhamdulillahnya keringat aku sudah bisa dihargai Rp750 ribu sebulan, tapi balik lagi, namanya kerja sama saudara, kalau dia ingat, transfer. Kalau enggak, ya udah namanya kerja sama saudara," tuturnya.

Enggan minta naik gaji, Ivan Gunawan memutar otak dan mencari cara untuk mendapatkan penghasilan lain dengan bekerja sampingan.

Baca Juga: Mengintip Mas Kawin Egy Maulana Vikri dan Adiba Khanza, Ada Uang Euro

"Jadi bagaimana aku mencukupi diri aku. Jadi aku harus bekerja di tempat yang lain dari awal karier aku. Aku biasa bekerja, atau berpikir, banyak yang aku pikirin. Banyak yang aku kerjain setiap hari,  jadi aku multitasking," ujar desainer yang kini juga dikenal sebagai presenter kondang.

BERITA TERKAIT