Presiden Joko Widodo Pakai Dasi Kuning saat Terbang ke Jepang, Apa Maknanya?

Apa makna di balik dasi kuning yang dikenakan Presiden Joko Widodo saat bertolak ke Jepang?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 18 Desember 2023 icon 14:00 WIB
Presiden Joko Widodo Pakai Dasi Kuning saat Terbang ke Jepang, Apa Maknanya?

Presiden Joko Widodo mengenakan dasi kuning saat bertolak ke Jepang, Sabtu (16/12/2023). (Instagram/sekretariat.kabinet)

Dasi kuning yang dikenakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat bertolak ke Jepang pada Sabtu (16/12/2023) kemarin, mencuri perhatian publik. Adakah makna khusus di balik pilihan warna dasi tersebut?

Dilansir dari Suara.com, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menjelaskan alasan Presiden Jokowi memakai dasi kuning.

"Tadi beliau cerita, kesulitan mencari dasi, yang ada saja dipakai," ungkap Pratikno setelah mengantar Presiden menuju pesawat dalam rangka kunjungan kerja ke Tokyo, Jepang dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Baca Juga: Iriana Jokowi Dapat Kejutan Ultah dari Paspamres, Potongan Kue Pertama untuk Siapa?

Sebelumnya, saat sesi konferensi pers menjelang keberangkatannya ke Jepang, wartawan menanyakan kepada presiden apa arti dasi berwarna kuning yang dikenakan pada hari itu.

Selama ini, Presiden Joko Widodo biasanya terlihat mengenakan dasi berwarna merah, biru, atau warna gelap lain dalam penampilan formalnya. Itulah mengapa dasi kuning yang belum lama ini dia kenakan seketika menjadi sorotan.

Meski begitu, sebagaimana yang dijelaskan Menteri Pratikno, Presiden Jokowi tidak punya alasan khusus di balik pilihan warna dasinya.

Baca Juga: Jokowi Pakai Batik Parang dan Udan Liris saat Hadiri Istana Berbatik, Ini Maknanya

"Masa enggak tahu," seloroh Jokowi menanggapi pertanyaan wartawan terkait warna dasinya.

Presiden Jokowi berkunjung ke Jepang dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Jepang. Kepala Negara juga akan bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida serta menghadiri KTT AZEC atau Asia Zero Emission Community.

Baca Juga: Gaya Iriana Jokowi Nonton Timnas Indonesia U-23, Sumringah Pakai Tas Gucci Rp25 Juta

Pertemuan dengan PM Fumio Kishida akan me,bahas kerja sama ekonomi, infrastruktur, transisi energi, mineral kritis dan juga kerja sama maritim. Setelahnya, Presiden Jokowi dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada Selasa (19/12/2023).

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI