4 Fakta Menarik Baju Safari Prabowo, Ini Nilai Historis di Baliknya

Dipakai sejak 2014, inilah beberapa fakta menarik tentang baju safari Prabowo Subianto.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 19 Desember 2023 icon 11:30 WIB
4 Fakta Menarik Baju Safari Prabowo, Ini Nilai Historis di Baliknya

Prabowo Subianto (Instagram/prabowo)

Prabowo Subianto kerap tampil mengenakan baju safari berwarna cokelat atau putih. Rupanya, banyak fakta menarik di balik busana andalan Prabowo.

Dilansir dari Suara.com, inilah beberapa hal menarik tentang pakaian safari yang begitu identik Prabowo Subianto.

1. Punya Nilai Historis 

Baca Juga: Titiek Soeharto Anggun Pakai Tas Hermes, Harganya Semahal Apa?

Ternyata ada latar belakang historis di balik kebiasaan Prabowo memakai baju dengan empat kantong itu. Fadli Zon pernah mengungkapkan bahwa pakaian yang dikenakan oleh mantan Danjen Kopassus itu mengingatkan kepada masyarakat terhadap sosok pendiri bangsa. 

"Pak Prabowo ini terinspirasi para pendiri bangsa seperti Soekarno dan Hatta. Pakaian ini mengingatkan kita pada perjuangan bangsa pada masa lalu," papar Fadli Zon. 

Dijelaskan pula bahwa meski gaya pakaian Prabowo meniru para pendiri bangsa di masa lalu,  bukan berarti pendiri Partai Gerindra itu ketinggalan zaman. Pakaian safari juga menunjukkan tingginya rasa nasionalisme.

Baca Juga: Lesti Kejora Ketemu Prabowo, Santai Tenteng Tas Hermes Rp200 Juta

2. Mewakili Karakter Prabowo 

Politikus Dahnil Anzar Simanjuntak juga pernah mengungkapkan alasan Prabowo Subianto kerap tampil memakai pakaian safari. Menurutnya, Prabowo senang mengenakannya karena melambangkan simbol perjuangan para pendiri bangsa, termasuk Presiden dan Wakil Presiden pertama RI, Soekarno dan Mohammad Hatta. 

"Pak Prabowo itu sejak awal ingin tampil otentik, sesuai karakter dirinya. Beliau senang dengan safari warna cokelat karena bagi beliau itu adalah simbol perjuangan. Sejak dulu, para founding fathers kita mengenakan pakaian safari cokelat kantong empat itu atau putih," ungkap Dahnil.

3. Ciri Khas Prabowo Sejak Pemilu 2014 

Baju safari yang dikenakan Prabowo pertama kali dipopulerkan pada Pemilu 2014. Banyak orang menyebut gaya busana Prabowo membosankan. Beberapa pakar bahkan menyarankan agar Prabowo mengubah gayanya dan lebih memainkan warna. 

Namun, pasangan Gibran Rakabuming Raka ini tampaknya tak mau ambil pusing. Dia tetap gemar mengenakan baju safari, baik saat kampanye maupun menjalankan tugas sebagai menteri pertahanan. 

4. Karya Penjahit asal Grobogan

Penjahit andalan Prabowo Subianto ternyata pria asal Grobogan, Jawa Tengah, bernama Yasbum. 

"Saya melihat sosok beliau dulu, waktu di tentara orangnya beh nggak mungkin lah (jadi penjahit Prabowo). Dalam benak saya seperti itu. Masa iya sih saya bisa ketemu? Kan begitu. Saya nggak bakal ngira ketemu Pak Prabowo," ungkap pria yang akrab disapa Abun itu. 

Abun mengaku sempat berpikir bahwa Prabowo adalah orang yang galak, tetapi cara pandangnya berubah setelah berinteraksi langsung dengan mantan suami Titiek Soeharto itu.

Baca Juga: 5 Gaya Busana Titiek Soeharto saat Liburan, Penggemar Wastra Nusantara

"Dengan secara langsung kita tatap muka, kita ngobrol langsung, cuma casing-nya aja lah kelihatan galak, tapi hatinya lembut," ujarnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI