Suka Minuman Kolagen? Ini Kandungan yang Paling Bermanfaat untuk Kulit

Seberapa efektif minuman kolagen dalam membantu merawat kecantikan?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 21 Desember 2023 icon 12:00 WIB
Suka Minuman Kolagen? Ini Kandungan yang Paling Bermanfaat untuk Kulit

Ilustrasi perempuan mengonsumsi minuman kolagen (Freepik/Racool_studio)

Beberapa tahun terakhir, produk minuman kolagen semakin populer dan diminati. Banyak orang percaya bahwa produk kini mampu melawan munculnya tanda penuaan seperti keriput serta membuat kulit lebih halus dan kenyal.

Kolagen sendiri merupakan protein yang paling banyak diproduksi dalam tubuh. Protein terbuat dari asam amino yang saling berhubungan dan terkait sehingga membentuk serat kolagen di beberapa bagian tubuh. 

Kolagen terdiri dari berbagai jenis dan bisa ditemukan dalam berbagai rasio pada kulit, tendon, tulang rawan, pembuluh darah, tulang, dan jaringan parut.

Baca Juga: Resep Jamu Kunyit Asam, Minuman Tradisional yang Menyehatkan

Ilustrasi perempuan mengonsumsi minuman kolagen (Freepik/jcomp)
Ilustrasi perempuan mengonsumsi minuman kolagen (Freepik/jcomp)

Kolagen sangat penting untuk memberikan struktur dan kekuatan pada kulit. Kolagen juga berperan besar dalam penyembuhan luka.

Hanya saja, dr. Arini Widodo, SM, SpDVE mengungkapkan, produksi kolagen dalam tubuh akan mulai menurun pada usia 25 tahun. Banyak faktor yang bisa memperlambat produksi kolagen, termasuk penuaan, merokok, kelebihan gula, sinar UV, konsumsi alkohol berlebih dan makanan olahan.

Itulah mengapa banyak orang memutuskan untuk mengonsumsi kolagen tambahan, salah satunya minuman kolagen seperti yang baru-baru ini diluncurkan Flimbeauty, yakni Flimcol.

Baca Juga: Minuman Sehat, Resep 3 Ramuan Alami untuk Meredakan Nyeri Haid

Menurut dr. Arini, dengan bahan dan dosis yang tepat, bukan tak mungkin minuman kolagen bermanfaat signifikan pada kulit dan wajah. Tak hanya mencerahkan, tetapi juga membuat wajah lebih kenyal, lembap, hingga mengurangi kerutan.

Supaya lebih efektif, dermatologist ini menyatakan untuk mengonsumsi minuman serbuk kolagen sebelum makan saat perut masih kosong.

"Kalau kita mau meningkatkan penyerapan, itu kita bisa minum saat perut kosong atau sebelum makan. Ini kan bentuknya cairan, jadi sangat mudah diserap tubuh," jelasnya.

Sementara itu, Dennis Hadi, Direktur Flimgroup mengungkapkan bahwa minuman kolagen yang mereka luncurkan rendah kandungan gula. Bahan yang dipakai adalah stevia yang nol kalori dan aman dikonsumsi. 

Dennis pun mengatakan, pihaknya berupaya mematahkan stigma negatif masyarakat terhadap minuman kolagen selama ini.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Minuman Cokelat, Begini Caranya agar Tetap Sehat

"Saya melakukan riset mendalam bersama para expert untuk menemukan formula yang tepat dan cocok, memastikan kandungannya sesuai klaim, tidak ada yang dilebih-lebihkan," ujar Dennis.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI