Perbedaan Sunblock dan Sunscreen, Sama-Sama Lindungi Kulit dari Sinar UV

Apa saja perbedaan sunblock dan sunscreen yang perlu dipahami? Berikut beberapa di antaranya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 04 Januari 2024 icon 12:00 WIB
Perbedaan Sunblock dan Sunscreen, Sama-Sama Lindungi Kulit dari Sinar UV

Penggunaan sunscreen bermanfaat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. (Unsplash/qi bin)

Potret Luna Maya saat liburan di pantai baru-baru ini mencuri atensi. Pasalnya, kekasih Maxime Bouttier itu mengaplikasikan sunblock super tebal hingga membuat wajahnya tampak sangat putih.

Sunblock merupakan salah satu jenis produk perawatan yang fungsinya melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Banyak orang menganggap sunblock sama dengan sunscreen, padahal keduanya berbeda.

Melansir Verywell Health, perbedaan sunblock dan sunscreen bisa diamati dari kandungan, cara kerja, dan teksturnya. 

Baca Juga: Jaga Kulit dari Sinar Matahari, Simak 3 Zat yang Harus Ada saat Memilih Tabir Surya

1. Kandungan Produk

Kebanyakan sunblock mengandung bahan aktif titanium dioksida atau seng oksida. Cara kerjanya adalah memantulkan sinar matahari yang mengenai kulit.

Melindungi kulit dengan tabir surya. (Shutterstock)
Melindungi kulit dengan sunblock. (Shutterstock)

Di sisi lain, sunscreen mengandung bahan kimia seperti avobenzone, oxybenzone, atau octinoxate yang bekerja dengan cara menyerap sinar UV, lalu mengubahnya menjadi panas yang tak berbahaya.

Baca Juga: Remaja Jangan Takut Sinar Matahari! Pakai Produk Ini untuk Perlindungan Optimal

2. Tekstur produk

Tekstur sunscreen lebih ringan dan mudah menyerap di kulit sehingga membuatnya lebih nyaman untuk digunakan sehari-hari. Itulah mengapa sunscreen bisa digunakan bersama dengan makeup.

Semenatara itu, sunblock mempunyai tekstur yang lebih berat dan cenderung kental. Oleh karenanya, wajar jika kamu agak kesulitan saat meratakan sunblock di kulit. Sunblock juga sulit dibaurkan dengan makeup sehingga tak cocok untuk penggunaan harian.

3. Cara kerja

Walau sama-sama melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar UV, sunblock dan sunscreen mempunyai cara kerja yang berbeda.

Sederhana, sunblock bekerja dengan cara membentuk lapisan fisik di atas kulit sebagai penghalang sinar UV, sedangkan sunscreen bekerja dengan cara menyerap sinar UV sebelum mencapai kulit.

Baca Juga: Reapply Sunscreen Itu Penting, Kapan Harus Melakukannya?

Itulah beberapa perbedaan sunblock dan sunscreen yang perlu dipahami. Saat harus memilih antara penggunaan sunblock atau sunscreen, kamu bisa disesuaikan dengan preferensi individu, kegiatan sehari-hari, dan kebutuhan kulit.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI