Gaya Busananya Ditegur KPI, Ivan Gunawan Bijak Beri Klarifikasi

Ivan Gunawan mengungkapkan pendapatnya terkait teguran KPI yang dilayangkan kepadanya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 05 Januari 2024 icon 09:00 WIB
Gaya Busananya Ditegur KPI, Ivan Gunawan Bijak Beri Klarifikasi

Ivan Gunawan (Instagram/ivan_gunawan)

KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) Pusat melayangkan teguran untuk acara "Brownis", khususnya penampilan Ivan Gunawan. Sang desainer pun menanggapi teguran tersebut.

"Program ini kedapatan menampilkan adegan yang mengarah pada penormalan laki-laki bergaya perempuan yang dipertontonkan kepada khalayak," demikian bunyi teguran KPI Pusat, dikutip dari unggahan akun Instagram resmi.

"Pelanggaran ini terjadi pada 30 Oktober 2023 pukul 12.38 WIB berupa penampilan a.n Ivan Gunawan menggunakan pakaian, riasan, aksesoris, dan bahasa tubuh kewanitaan."

Baca Juga: Desainer Kebanggaan Tanah Air, Biaya Sekolah Didit Hediprasetyo Tembus Rp1 Miliar

KPI Pusat juga menuliskan, "KPI meminta Trans TV untuk melakukan perbaikan internal dan tidak lagi mengulangi pelanggaran yang sama."

 

Di kolom komentar unggahan terkait, Ivan Gunawan terlihat menanggapi teguran yang dilayangkan KPI Pusat.

"Kenapa lo nggak tegur Haji Rora Irama pakai hak terus pakai selendang," tulis Ivan Gunawan.

Baca Juga: 5 OOTD Aaliyah Massaid Pakai Koleksi Brand Mewah, Fendi hingga Gucci

Setelahnya, Ivan Gunawan juga membuat unggahan di akun Instagram pribadi. Dia menyampaikan pandangannya sebagai desainer terkait gaya busana yang dipermasalahkan KPI Pusat.

"Sebagai fashion designer yang profesional selama 20 tahun, rasanya tidak pantas di telinga saya kalau apa yang saya pakai itu dikomentari oleh satu institusi yang hanya baku, pemikiran mana baju laki-laki seharusnya dan mana baju perempuan seharusnya," ungkap Ivan Gunawan dengan mengunggah foto hitam putih.

"Fashion is not like that. Fashion is how you discribe who you are, fashion is no limit, fashion is creativity," lanjut Ivan Gunawan.

Sang desainer juga mengungkapkan, "Mungkin saya tinggal di negara yang sampai hari ini belum mau menerima sebuah kebebasan fashion. Kita masih terbentur sebuah aturan."

Baca Juga: Serba Simpel! 5 Potret Ayu Ting Ting Bergaya ala Eonnie Korea

"Memang saya yang salah. Mau bergaya itu di panggung fashion, bukan di televisi, jadi selama ini saya salah panggung," pungkasnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI