Ketahui 6 Manfaat Suntik Vitamin C, Benarkah Efektif Memutihkan Kulit?

Harus ditangani oleh ahlinya, berikut berbagai manfaat suntik vitamin C.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 09 Januari 2024 icon 16:30 WIB
Ketahui 6 Manfaat Suntik Vitamin C, Benarkah Efektif Memutihkan Kulit?

Ilustrasi manfaat vitamin C untuk perawatan kecantikan (Freepik/jcomp)

Perawatan suntik vitamin C sudah sejak lama dilakukan di dunia medis dan kecantikan. Manfaat dan efektivitas prosedur ini juga telah terbukti.

Melansir Halodoc, suntik vitamin C umumnya diberikan melalui infus intravena (IV). Dengan begini, jumlah vitamin C yang masuk ke dalam tubuh kadarnya bisa menjadi jauh lebih tinggi daripada sekadar dikonsumsi biasa.

Meski demikian, tentu saja perawatan ini sebaiknya dilakukan di fasilitas kesehatan, klinik, atau rumah sakit dengan tenaga medis yang mumpuni. Berikut beberapa manfaat perawatan suntik vitamin C.

Baca Juga: Pecinta Kecantikan di Jogja Merapat, My Bestie Kini Hadir di Sleman City Hall!

1. Mengontrol tekanan darah

Dalam studi yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, disebutkan bahwa peningkatan asupan vitamin C lewat infus bisa membuat kondisi tekanan darah menjadi lebih stabil dan rendah.

Ilustrasi wajah cerah. (DewiKu.com/Ema Rohimah)
Ilustrasi wajah cerah. (DewiKu.com/Ema Rohimah)

2 . Menghaluskan kulit

Baca Juga: Rekomendasi Essence Terbaik, Pancarkan Kecantikanmu di Tahun Naga Kayu 2024

Vitamin C juga bermanfaat menghaluskan kulit sekaligus mengatasi kusam. Penggunaan dosis yang tepat akan menghambat produksi melanin sehingga kondisi kulit akan menjadi lebih cerah dan putih bercahaya.

3. Bantu pembentukan kolagen

Infus vitamin C mengandung asam askorbat yang berperan dalam pembentukan kolagen dan perbaikan jaringan. Kolagen sendiri merupakan protein yang membantu menguatkan struktur tubuh.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa memenuhi kebutuhan vitamin C mampu meningkatkan kadar asam hialuronat dalam tubuh. Efeknya, produksi kolagen juga menjadi lebih optimal.

4. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Suntik vitamin C dosis tinggi rupanya juga bisa membantu menghalangi perkembangan sel kanker, terutama tumor otak, tumor pada indung telur atau ovarium, dan tumor pankreas. Meski begitu, hingga kini belum teruji secara klinis dapat efektif pada manusia.

5. Bantu penyerapan zat besi dalam tubuh

Asupan vitamin C berperan dalam penyerapan zat besi. Saat tubuh mampu menyerap zat besi dengan baik, produksi sel darah merah juga membaik sehingga terhindar dari penyakit kekurangan darah.

6. Meringankan kelelahan kronis

Baca Juga: Ide Resolusi Tahun Baru 2024, Dapatkan Wajah Awet Muda dengan Perawatan Ini

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Journal menyebutkan, suntik infus vitamin C dapat menurunkan rasa kelelahan. Efeknya bisa dirasakan dalam dua jam setelah perawatan dan bertahan hingga 24 jam ke depan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI