Beragam Alasan Anak Muda Lakukan Operasi Plastik, Termasuk Demi Karir!

Operasi plastik di area wajah telah menjadi tren kecantikan dalam beberapa waktu terakhir.

By: Risna Halidi icon Sabtu, 13 Januari 2024 icon 11:24 WIB
Beragam Alasan Anak Muda Lakukan Operasi Plastik, Termasuk Demi Karir!

Ilustrasi operasi plastik. (Shutterstock)

Operasi plastik di area wajah telah menjadi tren kecantikan dalam beberapa waktu terakhir. Operasi plastik sendiri banyak dilakukan dengan beragam alasan mulai dari memperbaiki struktur wajah yang dianggap kurang atau bahkan menyerupai seseorang yang dijadikan idola.

Dokter spesialis bedah plastik sekaligus Lead Plastic Surgeon Aesthica Plastic Surgery & Aesthetic Center, dr. Puri Ambar Lestari, Sp.BP-RE mengungkapkan, tren operasi plastik kini lebih menyasar generasi yang lebih muda.

Ilustrasi operasi plastik. (Shutterstock)
Ilustrasi operasi plastik. (Shutterstock)

Tak sedikit juga dari mereka yang melakukan operasi plastik karena memiliki keinginan mempunyai wajah seperti artis Korea. Untuk bagian yang sering dilakukan operasi misalnya kelopak mata, hidung, dagu, dan bagian lainnya.

Baca Juga: Lakukan Cara Ini untuk Mendapatkan Pipi Tirus, Aman Tanpa Harus Operasi Plastik

"Di Indonesia kiblatnya seperti Korean face. Jadi kayak kelopak mata, hidung, dagu, rahang itu masih trennya. Soalnya memang secara anatomi konstruksinya tidak jauh beda dengan Korea," ucap dr. Puri, Jumat (12/1/2024)kemarin.

Berdasarkan keterangan dr. Puri, biasanya pasien akan membawa foto artis idolanya. Nantinya mereka akan meminta dokter bedah membuat bentuk wajahnya itu mirip dengan artis idolanya tersebut.

"Kadang memang ada beberapa yang ingin seperti artis-artis Korea mereka seperti tokoh drama Korea Jadi mereka kadang berfoto bilang, 'dok aku mau seperti ini' gitu," sambungnya.

Baca Juga: Lakukan Operasi Plastik dan Implan Payudara, Model Ini Curhat Malah Semakin Diejek

Selain ingin terlihat seperti idola, dr. Puri juga menyoroti alasan lain anak muda melakukan operasi plastik. Salah satunya adalah: sedang membangun karier dan ingin terlihat cantik atau tampan.

Dengan melakukan operasi plastik, mereka akan menjadi lebih percaya diri dalam berkarir di bidang masing-masing..

Hidung. (Unsplash/Hadis Safari)
Hidung. (Unsplash/Hadis Safari)

"Usia muda mereka biasanya itu rhinoplasty. Biasanya lebih usia muda karena biasanya orang lagi pada awal-awal berkarir pengen ketemu orang, pengen tampil lebih percaya diri,”" jelas dr.Puri.

Bukan hanya itu, beberapa generasi muda biasanya mengawali 'perubahan wajah' dengan melakukan filler atau tanam benang terlebih dahulu.

Namun, dr. Puri tidak menganjurkan hal tersebut karena dapat merusak jaringan. Oleh sebab itu, operasi plastik langsung lebih dianjurkan dibandingkan melakukan filler.

Baca Juga: Curhat Model Alami Efek Samping Mengerikan, Akibat 5 Prosedur Operasi Plastik Sekaligus

"Jadi pasien kadang-kadang kayak takut operasi dulu. Kadang beberapa ada yang pakai filler dulu atau tanam benang, tapi kalau saya sangat tidak sarankan untuk filler atau tanam bengal karena dia bisa merusak jaringan. Jadi lebih baik untuk operasi dari awal," pungkasnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI