3 Tips Memilih Cincin Pernikahan, Harus Senada dengan Gaun Pengantin?

Inilah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih cincin pernikahan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 31 Januari 2024 icon 15:00 WIB
3 Tips Memilih Cincin Pernikahan, Harus Senada dengan Gaun Pengantin?

Ilustrasi cincin pernikahan. (Unsplash/Denny Muller)

Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan calon pengantin sebelum hari pernikahan tiba. Selain gaun pengantin yang cantik, pemilihan cincin pernikahan juga tak kalah penting.

Desainer ternama Indonesia, Monica Ivena, mengungkap cara memilih cincin yang pas untuk gaun pengantin. Dikenal sebagai desainer yang kerap merancang gaun pernikahan artis, pejabat hingga keluarga kelas atas lainnya, Monica Ivana menegaskan calon mempelai tak perlu bersikeras menghubungkan cincin pernikahan dengan gaun pengantin.

"Kalau milih, di gaun dan cincin itu tidak harus pastikan connect, tapi lebih pastikan cincin itu kan selamanya, dipakai setiap hari. Tidak hanya pakai gaun pernikahan, di hari biasa aku mau nih pakai cincin ini," ungkapnya, dilansir dari Suara.com.

Baca Juga: Hasil Survei: Resepsi Pernikahan dengan Tamu Skala Besar Masih Disukai

Prinsip ini diterapkan Monica untuk seluruh kliennya. Menurut dia, tugas desainer termasuk menjadi fasilitator agar apa yang dikenakan sukses memancarkan personality orang tersebut.

Ilustrasi cincin di jari. (Unsplash/Jeremy Bishop)
Ilustrasi cincin pernikahan. (Unsplash/Jeremy Bishop)

"Aku selalu berpikir desainer itu harusnya jadi fasilitator, kita nggak mau memaksakan you have to look Monica Ivena, no. Say have to look your self, tugas aku itu membuat kamu jadi lebih cantik lagi," ujarnya.

Jadi, bagaimana caranya memilih cincin pernikahan yang pas? Berikut tips memilih cincin pernikahan terbaik versi desainer yang merancang gaun Taylor Swift.

Baca Juga: Tren Tema Pernikahan 2024, Siap Melepas Masa Lajang?

1. Nyaman dikenakan setiap hari

Alih-alih mencari cincin yang selaras dengan gaun pengantin, Monica menyarankan pilih cincin yang bisa dipakai dalam suasana apa pun. Jadi, cincin perniakan terasa nyaman setiap hari.

"Jadi tidak harus selalu nyambung (cincin dan gaun nikah)," tuturnya.

2. Pilih desain tak lekang waktu

"Balik lagi ke look yang mereka inginkan. Kalau untuk wedding sendiri, aku biasanya prefer gimana pun kelihatan timeless. Jadi jangan sampai suatu hari kamu berpikir, Ngapain sih dulu gue pesan cincin kayak gitu?'," papar desainer yang pertama kali berkolaborasi merancang koleksi perhiasan bersama Frank & Co. ini.

3. Hindari desain eksentrik

Monica Ivena juga mengatakan bahwa kriteria timeless dari sudut pandangnya adalah perpaduan desain cincin klasik dan modern.

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Lebih Suka Menikah Umur 30an, Tak Peduli Omongan Orang

"Modern dan klasik jadi kapanpun waktunya dipakai. Meski sekilas terlihat heboh, tapi timeless. Desainnya cocok buat selamanya oke aja," kata lulusan Raffles Design Institute Singapore ini.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI