6 Cara Pilih Furnitur Rumah Industrial, Ramah Lingkungan dan Minimalis

Cocok untuk gaya hidup minimalis, begini cara memilih furniture rumah industrial.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 31 Januari 2024 icon 09:30 WIB
6 Cara Pilih Furnitur Rumah Industrial, Ramah Lingkungan dan Minimalis

Ilustrasi kamar tidur. (Pixabay/ming dai)

Rumah tema industrial cocok untuk kamu yang menganut gaya hidup minimalis. Namun, apa saja yang perlu dipertimbangkan saat memilih furnitur industrial yang sesuai?

Furnitur rumah industrial sering dikaitkan dengan konsep multifungsi karena selalu mengedepankan kepraktisan. Desain yang diusung pun tak lekang waktu dan bisa meminimalisir biaya.

Dilansir dari Masterclass, berikut beberapa tips pilih furnitur rumah tema industrial yang perlu diperhatikan.

Baca Juga: Andien Berbagi Tips Ciptakan Suasana Rumah Nyaman, Warna Cat Dinding Jadi Kunci

Ilustrasi renovasi rumah. (Foto: Pexels/Pavel Danilyuk)
Ilustrasi renovasi rumah. (Pexels/Pavel Danilyuk)

1. Bahan ramah lingkungan

Sebagaimana konsep merek desain Cassina yang sejak 1950-an silam meluncurkan desain industri di Italia, furnitur harus terdiri dari bahan daur ulang dan bisa digunakan kembali.

Bahan furnitur daur ulang mesti didesain lebih inovatif sehingga menjadi karya baru. Furnitur yang dimaksud antara lain rak buku yang terbuat dari bahan daur ulang atau meja makan lama yang didesain ulang.

Baca Juga: Skincare Tak Sampai Rp1 Juta, Uut Permatasari Berbagi Tips Perawatan Wajah Alami

2. Pilih warna netral

Tak hanya putih yang jadi warna khas dari rumah minimalis, kamu juga juga menggunakan spektrum warna putih, abu-abu, hitam, hingga coklat netral saat memilih furnitur.

3. Memanfaatkan cahaya alami

Rumah gaya industrial juga lebih hemat energi. Pada siang hari, alih-alih menggunakan lampu, tersedia jendela besar yang bisa memancarkan sinar matahari. Itulah mengapa beberapa furnitur yang dipilih cenderung dengan panel hitam atau pola kotak.

4. Furnitur sesuai arsitektur

Sebaiknya hindari penggunaan wallpaper. Lebih baik manfaatkan tumpukan batu bata alami, lantai beton, dan pipa industri jadi lebih terlihat.

5. Bola lampu

Untuk furnitur penerang rumah, sebaiknya pilih lampu gantung dengan membiarkan bohlamnya terlihat. Jika tak ingin bohlam terlalu terekspos, kamu bisa memanfaatkan kubah logam besar.

6. Pilih garis furnitur

Pada meja atau kursi, sebaiknya pilih garis pola garis lurus, terutama yang terbuat dari logam hitam. Furnitur ini berbeda dengan tampilan grafis dan gaya art deco warna-warni yang berani dan mencolok, tetapi harus memberikan kesan nyaman.

7. Jenis kain peraboy

Baca Juga: 4 Tips Sukses Resolusi Sehat Tahun 2024, Segera Mulai dari Sekarang

Saat memilih sofa atau gorden, alih-alih kain beludru atau polyester, sebaiknya pilih dengan yang terbuat dari kulit atau linen. Kesannya memang vintage, tetapi sangat cocok untuk menambah aksen atau nuansa hidup yang nyaman dan hangat.

BERITA TERKAIT