Penyebab Kulit Cepat Keriput, Ini Cara Mencegahnya

Bagaimana cara mencegah kulit cepat keriput? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 02 Februari 2024 icon 09:00 WIB
Penyebab Kulit Cepat Keriput, Ini Cara Mencegahnya

Ilustrasi perempuan panik wajah mulai berkeriput (Freepik/benzoix)

Masalah kulit keriput menjadi salah satu tanda penuaan yang paling tak diinginkan banyak orang. Kulit yang mulai tampak keriput bisa memebuat seseirang menjadi kurang percaya diri.

Tentu saja keriput adalah hal yang normal terjadi sering bertambahnya usia. Walau begitu, Dermatolog & Co-Founder MEN/O/LOGY by ZAP, dr. Endi Novianto, Dr. dr., SpKK(K), mengungkapkan, kulit keriput bukan cuma disebabkan faktor alami penuaan. Adanya tarikan dari otot seseorang juga bisa membuat kulitnya menjadi keriput.

"Kalau keriput di luar atau permukaan itu biasanya karena penuaan secara wajar. Jadi kalau misalnya kita semakin tua maka keriput akan muncul di sekitar mata itu ada ya, dan terus di daerah lain juga ada. Tapi kalau keriput di dalam dalam itu di otot jadi misalnya suka berpikir terus mengerut atau tertawanya berlebihan itu karena otot," ujar dr. Endi, dilansir dari Suara.com.

Baca Juga: Kunci Wajah Awet Muda, Kandungan Ini Diklaim Ampuh Atasi Penuaan Dini

Ilustrasi masalah kulit keriput di wajah (Freepik/valuavitaly)
Ilustrasi masalah kulit keriput di wajah (Freepik/valuavitaly)

Ada pula faktor eksternal yang menyebabkan keriput. Salah satunya paparan sinar matahari yang mendorong percepatan keriput dari usia seharusnya. Selain itu, stres juga bisa mempercepat kondisi ini.

"Kalau kena matahari itu kayak di kali jadi misalnya usia 40-an harusnya belum tumbuh keriput banyak. Nah, ini timbul karena kena mataharinya banyak. Lalu, stres juga bisa ngaruh tetapi juga bukan utama kalau stres itu bisa lebih ke arah kusam," imbuh dia.

Penuaan dini yang ditandai dengan munculnya keriput bisa dicegah. Menurut dr. Endi, pencegahan bisa dilakukan dari menjaga nutrisi yang masuk.

Baca Juga: TikTokers Ini Curhat Perjuangan Atasi Jerawat, Jangan Ragu Curhat!

Makanan yang disarankan adalah asupan kaya antioksidan seperti sayur dan buah. Selain itu, sebaiknya kurangi asupan gula yang rawan mendorong kulit mengalami penuaan jauh lebih cepat.

"Untuk mencegah keriput dari dalam, makanan harus sehat. Jadi nggak boleh banyak gula karena itu salah satu komponen yang makanan menyebabkan penuaan jauh lebih cepat dari seharusnya," tuturnya.

Sang dokter juga menyarankan penggunaan skincare yang tepat, termasuk eksfoliasi. Ini penting  untuk membantu meregenerasi kulit bagian bawah sehingga tidak cepat kelihatan keriput.

Baca Juga: Manfaat Pakai Sunblock Tebal Kayak Luna Maya, Tenyata Bagus untuk Perempuan 40 Tahun

"Misalnya kulit matinya itu menumpuk, juga bisa kelihatan lebih tua. Kalau perlu, sekali-kali menggunakan skincare pengelupasan atau eksfoliasi yang membantu meregenerasi kulit bawahnya," terang dia.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI