Apa Itu Sustainable Beauty? Begini Cara Menerapkannya untuk Pemula

Berikut panduan sederhana menerapkan sustainable beauty untuk pemula.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 09 Februari 2024 icon 12:00 WIB
Apa Itu Sustainable Beauty? Begini Cara Menerapkannya untuk Pemula

Botanical Essentials mendukung upaya sustainable beauty. (Instagram/botanicalessentials.id)

Pernah dengar istilah sustainable beauty? Konsep ini mendorong kita untuk merawat diri tanpa harus mengorbankan kelestarian lingkungan.

Mau coba menerapkan sustainable beauty? Dilansir dari Suara.com, berikut beberapa tips untuk memulai gerakan sustainable beauty.

1. Pilih Produk Ramah Lingkungan

Baca Juga: COSMAX Indonesia Usung Tren Kecantikan C.A.R.I.N.G, Apa Itu?

Kemajuan industri kecantikan membuat banyak mereka telah mengganti ingredient sintetis dengan bahan alami yang ramah lingkungan. Lewat kecanggihan teknologi, kini banyak produk perawatan rambut, kulit, bahkan kuku dengan bahan-bahan alami yang dikembangkan tanpa melibatkan uji coba terhadap hewan.

Contohnya adalah Botanical Essentials, merek premium personal care lokal ini menggantikan squalene dengan squalane. Walau namanya cuma beda satu huruf, sumber dari kedua senyawa alami ini sangatlah berbeda.

Squalene berasal dari minyak hati ikan hiu, sementara squalane dihasilkan dari fermentasi tebu yang lebih ramah lingkungan. Squalane sendiri bekerja sebagai powerful anti-aging yang ampuh mendorong produksi kolagen pada kulit.

Baca Juga: Skincare Kaya Bahan Alami Semakin Diminati, Efektif Cerahkan Kulit

Brand lokal ini juga memanfaatkan ekstrak biji rambutan yang kaya vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan guna mendorong pertumbuhan dan ketebalan rambut pada rangkaian produk sampo.

2. Dukung Merek yang Mengusung Konsep Berkelanjutan

Bentuk sustainability termasuk menggunakan bahan lokal, kemasan ramah lingkungan, atau bahkan metode pertanian berkelanjutan yang dirancang untuk menjaga keseimbangan ekologi, sosial, dan ekonomi.

Dengan memilih produk kecantikan yang menerapkan pertanian berkelanjutan, kita bisa merawat kecantikan sekaligus berkontribusi dalam upaya melindungi lingkungan, meningkatkan kesejahteraan sosial, dan memastikan kelangsungan ekonomi bagi para petani.

3. Pilih Kemasan Minimalis dan Ramah Lingkungan

Tak dipungkiri, kemasan skincare memang termasuk kontributor sampah. Itulah pentingnya penggunaan kemasan alternatif yang lebih ramah lingkungan. 

Jadi, kamu disarankan memilih produk berkemasan minimalis dan gampang didaur ulang. Hindari kemasan berlebihan yang cuma menambah sampah. Kamu juga dapat membeli produk isi ulang yang tentunya lebih hemat biaya.

Botanical Essentials sendiri memakai botol berbahan rPET atau plastik PET yang dihasilkan dari proses daur ulang menggunakan berbagai beauty brand dan kemasan minuman. Mereka juga mendukung gerakan sustainable beauty dengan mengajak konsumen menukarkan botol kosong di waste box dengan hadiah menarik.

4. Dukung Brand Lokal yang Berdayakan Komunitas Sekitar

Baca Juga: 5 Tips Merawat Payudara di Rumah, Senang Bonus Kencang

Ini memungkinkan kamu secara tidak langsung mengurangi jejak karbon dari transportasi dan produksi jarak jauh serta memberi dukungan finansial kepada pengusaha dan industri manufaktur lokal. Begitu pula program pemberdayaan komunitas sekitar yang kerap dilakukan berbagai brand kecantikan guna merangsang pertumbuhan bisnis lokal dengan menciptakan lapangan kerja.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI