4 Cara Hilangkan Bekas Luka, Bisa Coba Pakai Minyak Kelapa

Punya bekas luka yang membuatmu jadi kurang percaya diri? Berikut beberapa cara untuk mengatasinya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 12 Februari 2024 icon 20:00 WIB
4 Cara Hilangkan Bekas Luka, Bisa Coba Pakai Minyak Kelapa

Ilustrasi minyak kelapa yang kaya manfaat (Freepik/jcomp)

Salah satu masalah kulit yang bisa memengaruhi kepercayaan diri seseorang adalah bekas luka. Tak heran jika banyak orang berusaha melakukan berbagai cara untuk mengatasinya.

Memang ada bekas luka tertentu yang sulit hilang. Hal tersebut jelas dapat mengganggu penampilan seseorang, terlebih jika letaknya di area kasat mata, misal kulit wajah.

Terdapat berbagai cara yang bisa coba dilakukan untuk mengatasi bekas luka membandel. Dikutip dari siaran pers Derma Express,kamu bisa memanfaatkan bahan alami hingga menjajal perawatan khusus.

Baca Juga: Klinik Kecantikan Semakin Menjamur, Begini Cara Pilih Perawatan yang Paling Tepat

Pertama, bekas luka bisa dikurangi menggunakan minyak kelapa. Caranya pun mudah. Cukup oleskan minyak kelapa secukupnya, lalu diamkan beberapa menit.

Setelah itu, lakukan pijatan lembut pada bekas luka. Pijatan bisa membantu proses menghilangkan bekas luka karena jaringan parut yang menempel ke pembuluh darah, otot, saraf dan tulang akan berperan dalam penyembuhan luka.

Kamu juga melakukan eksfoliasi kulit pada bekas luka untuk mengurangi atau menghilangkan lapisan kulit yang rusak sehingga mempercepat regenerasi kulit.

Baca Juga: 5 Skincare Andalan saat Musim Hujan, Kulit Tetap Butuh Perlindungan Maksimal

Cara ini disebut lebih efektif daripada sekedar mengoleskan minyak kelapa. Pengelupasan kulit yang rusak mendorong tubuh untuk mereproduksi kolagen sehingga membentuk jaringan baru.

Ada pula opsi untuk menggunakan gel atau krim dengan kandungan aloe vera, allantoin, cepalin. Fungsinya adalah membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat membuat bekas luka berwarna lebih gelap.

Berikutnya, kamu bisa menjajal perawatan spot free treatment di Derma Express. Metode ini diklaim efektif membantu menghilangkan bekas luka atau bekas gigitan nyamuk, memudarkan strechmark,  hingga mencerahkan kulit tubuh. Tentu saja menggunakan teknologi canggih dan ditangani dokter profesional.

Baca Juga: TikTokers Ini Curhat Perjuangan Atasi Jerawat, Jangan Ragu Curhat!

Jika bekas luka yang kamu miliki berupa keloid, konsultasikan dengan dengar terkait perawatan suntik keloid untuk mengatasinya.

BERITA TERKAIT