3 Tips Merawat Kulit di Rumah, Simak Kata Dokter

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat kulit di rumah.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 13 Februari 2024 icon 21:00 WIB
3 Tips Merawat Kulit di Rumah, Simak Kata Dokter

Ilustrasi perempuan membersihkan wajah (Freepik/wayhomestudio)

Merawat kulit wajah agar tetap sehat tentu saja bukan berarti harus mengeluarkan banyak uang atau pergi ke salon kecantikan setiap hari. Kamu dapat melakukan perawatan mandiri di rumah.

Certified dermatologist, dr. Eddy Karta, SpKK, PhD berbagi sejumlah tips supaya kulit tetap sehat, lembap, dan terawat selama di rumah. Setidaknya ada tiga tahapan yang perlu diperhatikan.

1. Double Cleansing

Baca Juga: 4 Cara Hilangkan Bekas Luka, Bisa Coba Pakai Minyak Kelapa

Dimulai dengan rajin membersihkan wajah dalam dua langkah alias double cleansing, terutama setelah beraktivitas. Pertama-tama, bersihkan sisa makeup dengan cleansing oil atau micellar water. Setelahnya, cuci muka menggunakan pembersih wajah sesuai dengan karakter kulit.

Pemilik karakter kulit berminyak disarankan untuk membersihkan wajah dengan benar, terlebih setelah seharian beraktivitas.

Ilustrasi perempuan melakukan perawatan wajah di rumah. (Pexels/Sora Shimazaki)
Ilustrasi perempuan melakukan perawatan wajah di rumah. (Pexels/Sora Shimazaki)

"Bahan-bahan yang digunakan khususnya adalah bahan-bahan yang dapat mengurangi minyak berlebih seperti salicylic acid, tea-tree oil, dan charcoal," ujar sang dokter, dikutip dari siaran pers iStyle.

Baca Juga: Apa Itu Sustainable Beauty? Begini Cara Menerapkannya untuk Pemula

Gunakan pelembap wajah sesuai jenis kulit

Kamu perlu menjaga kelembapan dengan menggunakan moisturizer yang sesuai kondisi kulitmu. Produk ini juga berfungsi sebagai nutrisi harian untuk kulit.

Pada kulit kering atau sering berada di ruangan ber-AC dalam waktu yang lama, kamu juga bisa tambahkan face oil setelah menggunakan pelembap untuk memastikan kelembapan kulit tetap terjaga.

Eksfoliasi wajah dan menggunakan masker berbahan alami

Disarankan eksfoliasi wajah 2-3 kali sepekan untuk membersihkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati. Setelah eksfoliasi, bisa lanjut menggunakan masker untuk menyegarkan dan menutrisi kulit kembali.

Sementara itu, Deputy Chief Marketing Officer iStyle.id, Dennis Fabian, mengatakan, "Bulan Februari telah dimaknai sebagai bulan kasih sayang, bulan di mana setiap pasangan dapat menunjukkan kasih sayangnya melalui berbagai perayaan."

Baca Juga: Apa Itu Skincare Molekuler? Diklaim Efektif Menyehatkan Kulit Wajah

"Untuk mendukung semarak hari Valentine, kami pun menggelar campaign ‘Treat Your Skin Right’ yang menyediakan berbagai produk perawatan wajah dan kulit untuk mendukung setiap orang mempersiapkan penampilan maksimal di momen spesial," imbuhnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI