Gaya Iriana Jokowi Nyoblos Curi Atensi, Tunik Pilihannya Punya Makna Khusus?

Iriana Jokowi terlihat mengenakan busana warna hijau sage saat menggunakan hak pilih pada Pemilu 2024.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 15 Februari 2024 icon 08:53 WIB
Gaya Iriana Jokowi Nyoblos Curi Atensi, Tunik Pilihannya Punya Makna Khusus?

Presiden Joko Widodo dan istrinya, Iriana Jokowi, menggunakan hak pilih mereka pada Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024). (Instagram/jokowi)

Presiden Joko Widodo menggunakan hak pilih pada Pemilu 2024 bersama istrinya, Iriana Jokowi, di TPS 10, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024). Sang ibu negara terlihat anggun dan kalem mengenakan busana tunik.

Iriana Jokowi memakai tunik lengan tunik hijau sage dengan akses rendan dan bordir yang cantik. Renda dari bahan sifon membikin tampilan busana tersebut jadi semakin anggun. Ibu mertua Selvi Ananda itu juga terlihat cantik dengan gaya rambutnya yang dibiarkan tergerai.

Meski beda warna, gaya busana Iriana Jokowi tetap tampak serasi dengan suaminya. Presiden Joko Widodo sendiri mengenakan kemeja putih lengan panjang dengan kedua sisi lengan yang digulung.

Baca Juga: Gaya Jokowi Pakai Batik saat Makan Bakso Bareng Prabowo, Ini Filosofinya

Memilih busana yang beda warna Jokowi, apa kira-kira yang ingin disampaikan Iriana dari pilihan pakaiannya?

Dilansir dari Huffpost, psikolog Carole Kanchier menjelaskan warna pakaian yang dikenakan bisa mempengaruhi suasana hati seseorang, termasuk mengirim pesan positif dan negatif.

Baju hijau melambangkan kenyamanan, keamanan, kelimpahan, cinta, pertumbuhan, keberuntungan dan keseimbangan. Warna hijau muda seperti sage juga mencerminkan konservatisme dan kekayaan.

Baca Juga: Jokowi Main Sepakbola di Jogja, Sepatunya Bikin Waswas

"Kenakanlah pakaian warna hijau ketika Anda ingin melihat sesuatu dari sudut pandang berbeda, perlu merasa membumi, tenang, dan murah hati. Namun, sebaiknya jangan dipakai saat sedang bingung, merasa stagnan, ingin sendiri," kata Kanchier menerangkan.

Mengutip Suara.com, World Fashion Channel menyebut busana berwarna hijau dapat memberikan energi khusus yang melambangkan kekuatan alam dan tumbuhan. Kebalikan dari merah yang menggairahkan, hijau memberikan efek menenangkan, baik bagi diri sendiri maupun orang-orang sekitar.

Baca Juga: Kerap Tampil Sederhana, Siapa Sangka Selvi Ananda Punya Gantungan Tas Seharga 10 Kali Lipat UMR Solo

Di sisi lain, busana hijau juga mencerminkan rasa percaya diri orang yang mengenakannya. Orang-orang ini umumnya sosok yang menghargai keharmonisan dan kedamaian batin.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI