Manfaat Niacinamide untuk Perawatan Rambut, Perkuat Scalp Barrier

Apa saja manfaat niacinamide untuk kesehatan rambut dan kulit kepala?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 10 Maret 2024 icon 18:30 WIB
Manfaat Niacinamide untuk Perawatan Rambut, Perkuat Scalp Barrier

Ilustrasi rambut terawat. (Pexels/Min An)

Menjaga kesehatan scalp barrier sama pentingnya dengan skin barrier. Scalp barrier sendiri berhubungan dengan kesehatan kulit kepala.

Berdasarkan riset dalam Journal of Cosmetics, Dermatological Sciences and Applications, disebutkan bahwa keseimbangan di kulit kepala dapat berubah ketika scalp barrier terganggu. Kondisi ini memungkinkan jamur Malassezia, penyebab ketombe dan kerontokan rambut, berkembang dengan mudah.

Jamur Malassezia adalah jamur lipofilik yang normalnya hidup di keratin kulit dan folikel rambut manusia ketika masa pubertas maupun di luar masa itu.

Baca Juga: Aaliyah Massaid Ungkap Rahasia di Balik Rambut Sehatnya, Ternyata Pakai Perawatan Ini

Menurut sermatologis dr. Farhan, keberadaan jamur ini sangat normal di kulit kepala manusia. Namun, jika populasinya atau meningkat pesat, bisa mengganggu scalp barrier.

"Oleh karena itu, sangat penting memberikan nutrisi pada scalp barrier sehingga dapat mengurangi peradangan sekaligus mencegah ketombe," ungkap dr. Farhan dalam acara Clear Dandruff Expert di Jakarta Selatan, Selasa (5/3/2024) lalu, dilansir dari Suara.com.|

Dokter yang juga konten kreator itu menambahkan, terdapat sejumlah zat yang bisa membantu menjaga kesehatan scalp barrier. Salah satunya adalah niacinamide yang ampuh mencegah ketombe akibat jamur Malassezia.

Baca Juga: Perawatan di Salon, Selvi Ananda Curhat Ujung Rambutnya Kering

"Berdasarkan studi yang dilakukan oleh National Institutes of Health, niacinamide terbukti memberikan perlindungan untuk kulit kepala, dan hasil jangka panjang untuk mencegah munculnya ketombe," terangnya.

Niacinamide merupakan salah satu zat turunan dari vitamin B3 (niacin). Di dunia dermatologi, zat ini digunakan untuk mengatasi jerawat dan bekasnya, mencerahkan kulit, hingga mengendalikan gejala rosacea.

Sang dokter juga mengingatkan pentingnya menjaga suhu udara di area kulit dan akar rambut. Terlebih bagi perempuan berhijab, pastikan rambut kering sebelum mengikat atau menutup kepala.

Baca Juga: Solusi Rambut Sehat Berkilau Alami dan Wangi Tanpa Takut Sinar Matahari

"Jadi, jamur Malassezia ini bisa memperbanyak koloninya. Saat rambut lepek dan lembap, mereka bisa berkembangbiak dengan cepat," tandas dr. Farhan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI