Pentingnya Tetap Gunakan Sunscreen Meski Saat Musim Hujan

Dampak dari paparan sinar matahari ini dapat terasa mulai dari kulit kemerahan hingga risiko kanker kulit.

By: Risna Halidi icon Selasa, 19 Maret 2024 icon 14:12 WIB
Pentingnya Tetap Gunakan Sunscreen Meski Saat Musim Hujan

Ilustrasi hujan. (Unsplash/Alesia Kazantceva)

Indonesia tengah memasuki musim penghujan. Meski demikian, perubahan cuaca yang sangat ekstrim bisa membuat suhu cepat berubah.

Saat malam hujan tak kunjung henti, di siang hari, matahari terik menyinari. Karena alasan itu pula, Sahabat Dewiku harus tetap merawat tubuh dari luar dan memerhatikan kesehatan kulit.

Ilustrasi menggunakan sunscreen. (Unsplash/Humphrey Muleba)
Ilustrasi menggunakan sunscreen. (Unsplash/Humphrey Muleba)

Salah satunya adalah soal kebiasaan menggunakan sunscreen atau tabir surya. Saat hujan turun di siang hari, paparan sinar matahari mungkin tidak terasa.

Baca Juga: Bahaya Paparan Sinar UV bagi Kulit Remaja, Ini Solusinya

Padahal nih, sinar matahari tetap terpancar hingga punya kemampuan untuk menembus kaca. Dengan begitu pemakaian sunscreen rutin sangat perlu dilakukan.

Dampak dari paparan sinar matahari ini dapat terasa mulai dari kulit kemerahan hingga risiko kanker kulit.

Cara Merawat Kulit Saat Musim Hujan

Baca Juga: 8 Arti Mimpi Hujan-hujanan, Mewakili Gejolak Emosi yang Kompleks

Sahabat Dewiku, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG menganjurkan penggunaan sunscreen dengan minimal SPF 30+ dan digunakan setiap 2 jam sekali.

Imbauan itu bahkan dikeluarkan meski hari tengah berawan seperti di musim penghujan saat ini.

Sunscreen Implora (Ist)
Sunscreen Implora (Ist)

Belum lama ini, Implora hadir dengan Perfect Shield Sunscreen SPF 40 PA++++, sebuah Hybrid Sunscreen yang diklaim cocok untuk semua jenis dan permasalahan kulit, termasuk pemilik kulit sensitif.

"Implora Perfect Shield Sunscreen merupakan produk yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan perempuan Indonesia yang juga semakin aware dengan kesehatan kulit," Kata Gabriella Gebby selaku Digital Lead Implora, dikutip Dewiki dari siaran pers, Selasa (19/3/2024).

Gabriella juga mengatakan bahwa sunscreen dari Implora sangat ringan, sudah lolos uji BPOM, dan tidak meninggalkan whitecast dan mudah di blend.

Baca Juga: Musim Hujan Harus Pakai Sunscreen atau Boleh Skip? Ini Kata Dermatolog

Ia berharap, pihaknya dapat berinovasi dengan produk sunscreen dan mampu meningkatkan kesadaran orang-orang mengenai pentingnya pemakaian sunscreen bagi kulit.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI