Atasi Penuaan Kulit dengan Perawatan Laser, Begini Cara Kerjanya

Perawatan Laser diklaim efektif membantu mengatasi masalah penuaan pada kulit.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 25 Maret 2024 icon 14:30 WIB
Atasi Penuaan Kulit dengan Perawatan Laser, Begini Cara Kerjanya

Ilustrasi perawatan wajah di klinik kecantikan. (Shutterstock)

Perawatan laser di klinik kecantikan semakin diminati. Metode ini dinilai efektif mengatasi berbagai masalah, salah satunya penuaan kulit.

Penelitian yang diterbitkan di situs PubMed Central pada 2020 menyebutkan bahwa laser adalah teknik peremajaan kulit atau anti penuaan menggunakan pancaran sinar yang sudah digunakan sejak 1980. Laser juga punya panjang gelombang yang berbeda-beda sesuai kebutuhan kulit.

Laser bekerja dengan cara pengelupasan kulit menggunakan energi panas. Lantaran jaringan kulit 'dirusak', tubuh akan mempercepat pemulihan sehingga melahirkan sel-sel kulit baru yang lebih baik.

Baca Juga: Nggak Usah Jastip, Brand Makeup Korea Ini Akhirnya Hadir di Indonesia

Efek sampingnya adalah menimbulkan kulit kemerahan dan iritasi. Namun seiring perkembangan teknologi, kini sudah bermunculan alat laser yang dapat memberikan efek nyaman di kulit dan minim efek samping, bahkan tanpa rasa sakit.

CC Clinic Surabaya turut menyediakan layanan perawatan laser untuk kecantikan di kliniknya yang bernama PicoWay Laser. Mayoritas pasien yang datang mendambakan hasil perawatan yang cepat dan minim rasa sakit.

"Picolaser atau picosecond laser merupakan teknologi laser terbaru yang menggunakan panjang gelombang khusus, untuk bisa memecahkan pigmentasi di kulit dengan lebih cepat, namun dengan efek samping yang minimal. Sehingga lebih baik dari segi efekitifitas dan juga keamanan selama treatment," ungkap founder CC Clinic Surabaya, dr. Alice Angelina, M. Biomed (AAM), dilansir dari Suara.com. 

Baca Juga: The Rising 2024: Memajukan Bisnis Kecantikan dengan Analisis Data, Tren, dan Strategi

Panjang gelombang bervariasi, terang dr.Alice, akan memudahkan dokter menyesuaikan kebutuhan perawatan kulit pasien. Contohnya, picoway memiliki pulse duration terpendek. Kelebihannya, pasien bisa mendapatkan hasil treatment yang memuaskan namun dengan resiko efek samping lebih rendah dan sangat minimal down time.

"Sehingga setelah melakukan perawatan dengan laser, pasien tidak perlu khawatir dengan reaksi kemerahan berlebihan pada kulit. Selain itu dengan panjang gelombang 1064nm juga merupakan pico laser yang paling cocok untuk tipe kulit orang Indonesia yang lebih gelap," kata sang dokter.

Sementara itu, Co-Founder CC Clinic Surabaya, dr. Monica Pranoto, M. Biomed (AAM) yang juga baru merilis perawatan body contouring Cristal Pro mengatakan bahwa laserpicoway bisa digunakan untuk masalah kulit seperti hiperpigmentasi atau melisma hingga acne scar.

Baca Juga: The Body Shop Tutup Seluruh Gerai di AS, Ini 5 Produk Ikonik Favorit Sejuta Umat

"Bisa juga untuk gejala penuaan dini sampai dapat digunakan untuk menghilangkan tato secara permanen," papar dr. Monica.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI