Aman dan Nyaman, Simak 5 Tips Mudik Naik Kendaraan Pribadi

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin mudik dengan kendaraan pribadi.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 25 Maret 2024 icon 07:00 WIB
Aman dan Nyaman, Simak 5 Tips Mudik Naik Kendaraan Pribadi

Ilustrasi seorang perempuan mengendarai mobil (Freepik/diana.grytsku)

Lebaran semakin dekat. Artinya, banyak orang akan kembali melakukan rutinitas mudik untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman.

Selain transportasi umum, tak sedikit orangyang memilih mudik dengan kendaraan pribadi, terutama mobil. Melansir siaran pers ENEOS, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan. 

Mempersiapkan Surat dan Dokumen 

Baca Juga: Cara Daftar Penukaran Uang Baru, Persiapan Bagi-Bagi THR Lebaran 2024

Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah dua dokumen wajib yang harus dibawa setiap berkendara ke mana pun. Dokumen tersebut tentunya harus dalam keadaan aktif supaya tidak mendapat surat tilang ketika ada pemeriksaan.

Selain itu, pastikan juga untuk membawa asuransi kendaraan yang berlaku untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk.

Persiapan Fisik dan Mental

Baca Juga: Ada Hampers Bakso Spesial Lebaran, Lengkap dengan Dandang dan Tas Anyam!

Pastikan seluruh anggota keluarga berada dalam kondisi sehat dan mendapat tidur cukup beberapa hari sebelum berangkat mudik. Siapkan juga segala obat-obatan pribadi dan taruh di tempat yang mudah terjangkau di dalam mobil. 

Kondisi mental pengemudi juga harus menjadi prioritas karena berpengaruh terhadap tingkat konsentrasi saat berkendara.

Perawatan Mesin Mobil

Lakukan pengecekan dan perawatan mesin mobil secara rutin dan sebelum berangkat mudik. Bawalah mobil ke bengkel terpercaya untuk memastikan mesin dalam keadaan baik.

Selain itu, pastikan Anda mengganti oli mesin sebelum melakukan perjalanan. Oli berkualitas yang sesuai dengan spesifikasi mobil, dapat menjaga kondisi mesin dan menghindari gesekan berlebih yang berpotensi merusak komponen mesin.

Untuk mobil keluaran terbaru dengan teknologi turbo atau hybrid, coba gunakan oli ENEOS. Oli mesin kendaraan dengan varian ENEOS X PRIME SN/SP GF-6A  5W-30 dan ENEOS X PRIME SN/SP GF-6B  0W-16. Keduanya menggunakan base oil premium fully synthetic dan sudah berstandar ILSAC GF-6.

Mengecek Kaki-Kaki, Rem, dan Ban

Bagian yang tidak kalah penting untuk diperiksa adalah kampas rem, suspensi, tie rod, ball joint, hingga pelek serta bautnya. Jika kondisi sudah kurang baik, sebaiknya diganti demi kenyamanan berkendara.

Mempelajari Rute Perjalanan

Pemudik hendaknya memahami terlebih dahulu rute yang akan dilintasi. Catat medan rute yang perlu dijalani meliputi jalur yang akan dilalui, kondisi jalan, lokasi istirahat (rest area), hingga letak posko kesehatan terdekat. 

Baca Juga: Saatnya Brand Lokal Raup Banyak Cuan di Bulan Ramadan, Ini 6 Trik Jitunya

Penting juga untuk memahami jalur-jalur rawan macet. Manfaatkan bantuan fitur peta digital pada gawai. untuk menandai titik-titik lokasi macet dan jalan alternatif yang dibutuhkan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI