Manfaat Acne Patch, Andalan Banyak Orang untuk Mengatasi Jerawat

Penggunaan acne patch salah satunya bisa membantu jerawat lebih cepat mengering.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 01 April 2024 icon 16:00 WIB
Manfaat Acne Patch, Andalan Banyak Orang untuk Mengatasi Jerawat

Ilustrasi perempuan memencet jerawat (Freepik/gpointstudio)

Popularitas acne patch belakangan meningkat. Banyak orang menjadikannya salah satu produk kecantikan andalan untuk mengatasi masalah jerawat.

Acne patch juga disukai kalangan selebritas, salah satunya Elsa Japasal atau Eca Aura. Perempuan kelahiran Makassar itu terlihat kerap memakainya saat mengisi acara TV atau YouTube.

Eca Aura memilih acne patch dengan berbagai warna dan bentuk yang unik, mulai dari bentuk bintang, hati, bunga, dan lainnya.

Baca Juga: Pil KB Hormonal Jadi Penyebab Masalah Kulit? Ini Kata Pakar

Dalam sebuah siaran langsung TikTok, Eca Aura mengaku sengaja menggunakan acne patch untuk menutupi jerawatnya. Selain itu, produk ini juga membantunya menyembuhkan jerawat.

Ilustrasi wajah berjerawat. (Pixabay/Joseph Mucira)
Ilustrasi wajah berjerawat. (Pixabay/Joseph Mucira)

Acne patch adalah salah satu produk perawatan kulit yang penggunaannya hanya perlu ditempelkan langsung pada jerawat di wajah.

Fungsi utama produk kecantikan ini adalah menutupi jerawat. Dengan begitu, harapannya bagian yang berjerawat tak terkontaminasi bakteri atau kotoran yang dapat membuatnya makin meradang.

Baca Juga: Perawatan Contouring Kian Digemari, Jangan Sembarangan Coba-Coba

Tak hanya itu, acne patch juga bisa membantu mempercepat penyembuhan jerawat. Namun, dengan catatan bahwa jenis jerawatnya dangkal alias sudah terlihat mata yang berisi nanah.

Sementara itu, dilansir dari Alodokter, acne patch mengandung hidrokoloid yang bersifat menyerap kelembapan. Produk ini bekerja dengan cara menarik atau menyedot cairan yang ada di dalam jerawat. Jadi, nanah yang merupakan isi jerawat bisa terangkat tanpa perlu memencetnya. Jerawat pun akan menjadi lebih cepat kering.

Penggunaan acne patch untuk mengatasi jerawat dianjurkan pada malam hari. Itu merupakan waktu terbaik karena sel-sel kulit akan melalui proses regenerasi sehingga acne patch bisa bekerja secara optimal.

Baca Juga: Atasi Penuaan Kulit dengan Perawatan Laser, Begini Cara Kerjanya

Walau begitu, acne patch juga bisa dipakai pada siang hari. Gunanya adalah menyamarkan jerawat dan melindungi dari paparan debu dan kotoran.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI