Cara Memilih Sunscreen sesuai Jenis Kulit, Perhatikan Kandungan SPF

Bagaimana cara memilih suncreen yang sesuai dengan jenis kulit?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 30 Mei 2024 icon 16:00 WIB
Cara Memilih Sunscreen sesuai Jenis Kulit, Perhatikan Kandungan SPF

Penggunaan sunscreen bermanfaat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. (Unsplash/qi bin)

Memilih skincare memang tidak bisa sembarangan, termasuk produk sunscreen atau tabir surya. Tentu saja sebaiknya pilih yang sesuai jenis kulit.

Sekretaris umum Perdoski sekaligus Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia, dr. Hanny Nilasari,Sp.DVE, Subsp. Ven., FINSDV, FAADV, mengungkapkan bahwa penggunaan sunscreen yang tepat bakal memberikan hasil optimal maksimal pada perlindungan terhadap bahaya sinar UV.

"Untuk pemilihan sunscreen, tergantung dengan jenis kulitnya biar hasilnya maksimal," ujar dr. Hanny, dilansir dari Suara.com.

Baca Juga: Cari Sunscreen Spray SPF 50? Ini 3 Rekomendasinya

Menurut sang dokter, ada berbagai jenis sunscreen yang bisa dipilih berdasarkan jenis kulit masing-masing.

1. Kulit berminyak

Kamu pemilik tipe kulit berminyak? Sebaiknya gunakan tabir surya yang teksturnya watery. Produk water based cocok untuk kulit berminyak karena bisa meresap dengan cepat.

Baca Juga: Pentingnya Tetap Gunakan Sunscreen Meski Saat Musim Hujan

2. Kulit kering

Pemilik kulit kering lebih cocok menggunakan sunscreen yang oily. Ini akan membuatnya lebih meresap pada kulit kering sehingga kandungan SPF-nya bisa bekerja dengan baik.

3. Kulit normal

Bagi kulit normal, direkomendasikan memakai sunscreen berbentuk stik karena akan lebih meresap dengan baik.

Sementara itu, penting juga untuk memerhatikan kandungan SPF saat memilih produk tabir surya. Menurut dr. Hanny, kandungan SPF yang tepat untuk sunscreen yang digunakan sehari-hari adalah SPF 30.

Kandungan SPF lebih tinggi, seperti SPF 50, biasanya dipakai mereka yang telah berusia di atas 40 tahun dan kerap melakukan aktivitas di luar ruangan.

"Kalau SPF 30, itu untuk penggunaan harian dimungkinkan. Kalau untuk SPF 50, digunakan untuk usia yang lebih senior, misalnya 40 tahun ke atas, itu perlu sunscreen SPF-nya lebih tinggi. Apalagi kalau misalnya dia pancaran sinar UV-nya berlebihan, seperti di luar ruangan," terangnya.

Baca Juga: Bahaya Paparan Sinar UV bagi Kulit Remaja, Ini Solusinya

Sang dokter menambahkan, orang-orang yang beraktivitas di dalam ruangan tetap dianjurkan memakai sunscreen. Sebab, lampu ruangan juga tetap mengandung UV sehingga kulit tetap butuh proteksi.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI