Fashion

Jangan Salah Pilih Sepatu Lebaran, Ini Tipsnya

Pastikan kamu memilih sepatu atau sandal yang nyaman dipakai untuk silaturahmi seharian.

Rendy Adrikni Sadikin | Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi belanja / pexels.com
Ilustrasi belanja / pexels.com

Dewiku.com - Idul Fitri bukan hanya identik dengan baju baru. Banyak yang berpikir kalau sepatu atau sandalnya juga harus baru.

Sayangnya, karena saking inginnya tampil kece saat Lebaran, faktor kenyamanan kerap terlupakan. Belum lagi godaan diskon besar yang bikin lapar mata.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan saat memilih sepatu atau sandal untuk Lebaran. Yuk disimak!

1. Cari yang pas di kaki, bukan cuma di hati

Ilustrasi foto / pixabay.com

www.pixabay.com

Kamu suka tapi pas dicoba kok rasanya agak sempit alias kekecilan. Jangan dipaksakan dengan berpikir nanti juga melar setelah sering dikenakan. Itu mitos. Nanti yang ada malah kakimu lecet atau sepatunya cepat rusak.

Nomor ukuran sepatu maupun sandal biasanya berbeda-beda, tergantung merek dan modelnya. Sebelum membelinya, kamu juga wajib mencoba alas kaki idamanmu untuk berjalan beberapa langkah. Pastikan dia memang nyaman digunakan.

2. Perhatikan bahannya

Sepatu atau sandal pilihanmu akan menemanimu silaturahmi sepanjang hari. Jadi usahakan cari yang bahannya lembut di kaki.

Jangan pilih yang kasar atau keras sehingga memperbesar resiko lecet di kaki. Agar telapak kakimu tidak gampang pegal, sebaiknya cari yang bagian alasnya relatif empuk.

Intinya, jangan cuma perhatian modelnya. Sepatu yang cantik belum tentu nyaman dipakai berlama-lama seperti momen Lebaran.

3. Dibanding high heels, flat shoes jauh lebih recommended

Ilustrasi sepatu / pixabay.com

www.pixabay.com

Alas kaki di hari Lebaran bukan hanya urusan tampil gaya dan modis. Kenyamanan adalah yang paling utama. Ingat, semakin banyak rumah yang kamu temui, semakin lama pula kamu mengenakan sepatu atau sandal tersebut.

Jangan sampai di tengah jalan kamu kesakitan atau kelelahan gara-gara high heels. Atau, jangan sampai kamu lupa kalau rumah kerabatmu punya lingkungan yang tidak ramah untuk sepatu-sepatu tinggi. Jalan naik-turun dan banyak bebatuan, misalnya.

4. Pilih alas kaki yang mudah dilepas dan dipakai kembali

Ilustrasi foto / pexels.com

www.pixabay.com

Kamu akan sering keluar dan masuk rumah saudara maupun tetangga. Kebanyakan harus pakai acara copot sepatu dulu. Nah, kamu enggak mau ketinggalan pas rombongan mau geser ke rumah berikutnya karena kelamaan mengenakan kembali sepatumu kan?

5. Pastikan warnanya serasi dengan busana lebaranmu

Ilustrasi sandal / pixabay.com

www.pixabay.com

Jangan sampai kamu gagal stylish karena salah pilih warna sepatu. Jadi, coba ingat-ingat seperti apa model dan warna baju lebaranmu, kira-kira cocoknya pakai sepatu apa?

Ada baiknya juga pilih sepatu atau sandal yang warnanya cenderung netral. Maksudnya biar setelah Lebaran bisa kamu pakai untuk sehari-hari juga.

Berita Terkait

Berita Terkini