Fashion

5 Tips Merawat Tas Kesayangan Biar Nggak Cepat Rusak

Jangan sampai tasmu jadi tergores dan rusak atau malah jamuran saat disimpan.

Dinar Surya Oktarini | Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi handbag / pexels.com
Ilustrasi handbag / pexels.com

Dewiku.com - Demi tampil stylish dan chic, koleksi tas jelas tidak cukup hanya satu. Kamu pasti memiliki banyak tas dengan berbagai bentuk dan bahan. Beberapa di antaranya jarang dipakai karena saking sayangnya. Takut rusak.

Namun, rasa sedih yang sama juga akan kamu rasakan saat mengetahui tas disimpan di lemari itu rusak atau berjamur. Nah, supaya nggak kejadian, coba perhatikan lagi bagaimana caramu menyimpan koleksi tas kesayanganmu.

1. Kosongkan tas sebelum disimpan

Setelah kamu menggunakannya, sebaiknya kosongkan terlebih dulu tasmu jika ingin kembali menyimpannya di dalam lemari. Keluarkan apapun barang bawaanmu. Apalagi beberapa jenis benda yang bisa luntur apabila didiamkan terlalu lama di dalam tas, seperti pulpen dan lipstik.

Ilustrasi tas / pexels.com www.pexels.com

2. Pertahankan bentuk tas dengan memasukkan gumpalan kertas

Mungkin kamu lebih familiar dengan memasukkan gumpalan koran bekas ke dalam tas. Namun, sebenarnya itu bisa mengubah bentuk tas kesayanganmu, apalagi kalau terlalu penuh dan padat.

Lebih baik gunakan beberapa gumpalan tisu yang teksturnya lebih lembut. Kamu juga bisa memanfaatkan bubble wrap atau plastik gelembung sebagai bahan alternatif.

3. Jangan simpan tas di tempat yang lembap

Ilustrasi silica gel / Pinterest Pinterest

Tujuannya jelas untuk menghidari munculnya jamur. Kamu juga sebaiknya memasukkan bahan antilembap seperti kamper atau silica gel ke dalam tas untuk mencegak jamur tumbuh.

4. Bungkus tas dengan bahan plastik untuk menghindari goresan

Kalau tas kesayanganmu memiliki aksesori rentan seperti bebatuan atau bahkan kristal, sebaiknya gunakan bubble wrap untuk melindunginya dari benturan maupun gesekan yang bisa memunculkan goresan dan merusak hiasan cantiknya.

Ilustrasi bubble wrap / Pinterest Pinterest

5. Pisahkan tas berdasarkan bahannya

Jangan mencampurkan penyimpanan tas kulit, plastik, dan kain. Apalagi kalau sampai ditumpuk-tumpuk. Letakkan mereka di rak yang berbeda.

Berita Terkait

Berita Terkini