Tips Membedakan Batik Tulis dan Batik Cetak

Jangan sampai tertipu ya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 02 Oktober 2018 icon 13:30 WIB
Tips Membedakan Batik Tulis dan Batik Cetak

Ilustrasi memilih batik. (Unsplash)

Kain batik adalah warisan salah satu warisan budaya Indonesia yang kini popularitasnya makin melejit. Umumnya, orang-orang mengetahui kalau jenis batik terbagi dua jenis, yakni batik tulis dan batik cetak.

Bagi yang belum berpengalaman, mungkin untuk membedakan keduanya itu susah-susah gampang. Sebab dengan teknologi sekarang, cetakan sudah dibuat sedemikian rupa agar terlihat seperti batik tulis.

Nah, biar tidak tertipu, berikut DewiKu punya tips untuk membedakan batik tulis dan batik cetak. Yuk, simak!

Baca Juga: Tips Menyimpan Pakaian agar Tidak Mudah Kusut

Ilustrasi batik tulis. (Unsplash)
Ilustrasi batik tulis. (Unsplash)

1. Motif

Kalau dilihat secara lebih teliti, motif batik tulis akan terlihat lebih halus dan tidak kaku sama sekali karena menggunakan proses autentik dan natural.

Batik tulis dengan pola yang berulang-ulang, bila dilihat dari dekat satu sama lain akan memiliki bentuk yang berbeda. Sedangkan motif batik cetak lebih kaku dan pasti memiliki satu pola yang diulang-ulang dengan bentuk dasar sama.

Baca Juga: Tips Mencari Kerja Ini Sudah Basi

2. Tekstur

Selain motif, perbedaan juga bisa dilihat dari teksturnya. Batik tulis cenderung timbul ketika diraba. Lalu bagian depan dan belakang memiliki warna, corak, dan motif yang persis sama serta semua tintanya bakal tembus ke belakang.

Sebaliknya, kain belakang batik cetak warnanya tidak sejelas batik tulis.

Ilustrasi batik. (Unsplash)
Ilustrasi batik. (Unsplash)

3. Aroma

Bau kain juga bisa menjadi indikator pembeda, lho. Batik tulis cenderung masih memiliki bau malam atau lilin yang tak menyengat, sedangkan batik cetak akan mengeluarkan bau tekstil yang menyengat sebab terbuat dari tinta kimia.

4. Harga

Harga tidak pernah bohong. Batik cetak bisa didapat dengan harga mulai puluhan ribu, kalau batik tulis semeternya bisa ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Kenapa? Hal itu dikarenakan batik tulis melewati proses pembuatan yang panjang dan rumit serta kesabaran. Itulah yang membuatnya sangat mahal.

Baca Juga: Tips Mencuci Sepatu Putih untuk Bahan Canvas, Suede dan Kulit

Bagaimana menurutmu? Membedakan batik tulis dan batik cetak lumayan mudah, kan?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI