Fashion

3 Fashion Item Khas Jogja yang Diminta Mariah Carey, Apa Saja?

Benda-benda tersebut ia minta langsung setelah mendarat di Tanah Air.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati

Mariah Carey. (Instagram/@mariahcarey)
Mariah Carey. (Instagram/@mariahcarey)

Dewiku.com - Permintaan artis yang harus disediakan promotor sebelum konser atau biasa disebut riders terkadang unik dan nyeleneh. Namun berbeda dengan yang diminta Mariah Carey.

Seperti yang diketahui, Mariah Carey akan menggelar konser dengan tajuk HIMBARA Borobudur Symphony 2018 - MARIAH CAREY Live In Concert di Taman Lumbini, Candi Borobudur, Jawa Tengah pada Selasa (6/11/2018) malam.

Menariknya, saat baru tiba, yakni pada Minggu, pukul 1.23 WIB dini hari, diva pop dunia ini meminta benda yang khas dari Jogja. Rajawali Indonesia Communication selaku promotor pun memberikan 3 fashion item khas Jogja.

Apa saja? Yuk, simak!

1. Blangkon

Ilustrasi blangkon. (Shutterstock)
Ilustrasi blangkon. (Shutterstock)

Blangkon adalah tutup kepala yang dibuat dari batik dan digunakan oleh kaum pria sebagai bagian dari pakaian tradisional Jawa. Menurut bentuknya, blangkon dibagi menjadi 4, yakni blangkon Ngayogyakarta, blangkon Surakarta, blangkon Kedu, dan blangkon Banyumasan.

Bagi orang Jawa, blangkon bukan sekedar penutup kepala. Blangkon memiliki filosofi sekaligus menjadi simbol status bagi pemakainya.

2. Baju lurik

Baju lurik. (Suara.com/Ferry Noviandi)
Baju lurik. (Suara.com/Ferry Noviandi)

Kain dengan motif garis vertikal ini dulunya adalah pakaian khas warga pria pedesaan di kalangan suku bangsa Jawa. Lurik berbahan dasar katun kasar sehingga menjadi bahan baju yang relatif murah dan terjangkau untuk masyarakat miskin.

Tapi dalam perkembangan modern, lurik sekarang mendapat sentuhan warna-warna baru sehingga dapat pula dipakai sebagai bahan kemeja atau sebagai komponen estetika pada rompi atau jas.

Sekilas, lurik memang terlihat sederhana, hanya bermotif garis. Namun, hingga kini terdapat setidaknya 88 motif lurik yang dikenal masyarakat Indonesia.

Tidak hanya itu, lurik termasuk wastra Indonesia yang sangat tua dibanding kain batik. Penggunaan kain lurik sudah tercatat sejak abad ke-9 dengan bukti prasasti dari zaman Hindu Mataram.

3. Sandal selop

Ilustrasi selop wanita. (Shutterstock)
Ilustrasi selop wanita. (Shutterstock)

Selop merupakan sandal tradisional khas Indonesia yang paling populer hingga saat ini dan masih sering kita jumpai dalam berbagai kesempatan. Selop punya desain khas yang tertutup di bagian depan dan biasanya terbuat dari kulit.

Selop kerap dipadukan dengan pakaian adat yang digunakan pada acara-acara pernikahan, khitanan, dan acara adat lainnya. Setiap daerah mungkin punya nama berbeda untuk menyebut sandal selop. Kalau anak-anak zaman sekarang mungkin menganggap sandal selop sebaga flat mules karena bentuknya yang mirip.

Itulah 3 fashion item khas Jogja yang diminta Mariah Carey sesaat setelah mendarat di Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta. Diva satu ini sepertinya sangat tertarik dengan hal-hal berbau tradisional, ya!

Berita Terkait

Berita Terkini