Tips Ampuh Menghilangkan Noda Darah Menstruasi pada Pakaian

Dijamin noda darah menstruasi cepat hilang.

By: Dinar Surya Oktarini icon Minggu, 18 November 2018 icon 09:00 WIB
Tips Ampuh Menghilangkan Noda Darah Menstruasi pada Pakaian

Ilustrasi celana jeans. (Pixabay)

Menjadi perempuan, itu artinya harus siap kerepotan setiap bulan, apalagi kalau bukan karena menstruasi atau datang bulan.

Mulai dari menghadapi PMS yang bikin hari-hari berat, sampai kram perut yang bisa menghalangi aktivitas kita sehari-hari. Belum lagi jika darah menstruasi itu bocor dan meninggalkan noda pada pakaian atau celana dalam yang kita kenakan.

Tidak usah bingung lagi, ikuti cara berikut untuk menghilangkan noda darah menstruasi pada pakaian.

Baca Juga: Salut, Remaja ini Menolong Seorang Gadis di Menstruasi Pertamanya

1. Deterjen penghilang noda
Untuk noda yang masih baru, kita bisa menggunakan produk deterjen khusus penghilang noda. Agar efisien, rendam dulu untuk beberapa saat sehingga memudahkan dalam proses menghilangkannya. Setidaknya rendam selama 10 menit dalam campuran air dingin dan deterjen.

2. Cuka
Selain dengan deterjen khusus pengangkat noda, kita ternyata juga bisa menggunakan cuka. Cuka putih bisa membantu untuk menghilangkan noda darah menstruasi yang tertinggal di baju atau celana dalam.

Caranya, tuang cuka putih pada noda, kemudian rendam selama 10 menit dan keringkan dengan paper towel. Kalau nodanya masih terlihat, ulangi langkah yang sama. Jika sudah hilang, bilas dengan air dingin dan cuci pakai deterjen untuk menghilangkan bau cukanya.

Baca Juga: Rahasia Cewek Korea Tetap Tampil Cantik saat Menstruasi

Ilustrasi celana jeans. (Unsplash/Ricardo Gomez Angel)
Ilustrasi celana jeans. (Unsplash/Ricardo Gomez Angel)

 

3. Hindari air panas
Bilas benda yang terkena noda darah menstruasi dengan air dingin atau basahi kain yang bersih dengan air dingin. Jangan gunakan air panas, hal ini akan menyebabkan noda melebar ke permukaan lain. Noda darah pun akan semakin sulit dihilangkan kalau dia terkena sesuatu yang panas.

Oleh sebab itu, jika darah menstruasi meninggalkan noda pada baju atau celana yang kita kenakan, maka segera cuci atau rendam dengan air dingin.

4. Baking soda
Baking soda juga ampuh untuk menghilangkan noda darah menstruasi. Campurkan sedikit dengan air untuk membuat pasta. Sesuaikan dengan berapa besar dan banyak noda darah di pakaian. Setelah mengoleskan adonan pasta ke pakaian yang bernoda, diamkan selama 30 menit, hingga semalam, lalu cuci pakaian seperti biasa.

Baca Juga: 3 Alasan Pentingnya Rajin Mencatat Siklus Menstruasi

5. Lemon
Jika mendapatkan noda darah pada kain putih, pastikan menggunakan lemon untuk membersihkannya. Lemon merupakan salah satu bahan pembersih yang bisa digunakan sebagai penghilang noda. Gosok kain bernoda dengan lemon dan garam hingga noda darah menghilang. Selain menghilangkan, lemon sekaligus menjaga warna putih pakaian.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI