Fashion

Ivan Gunawan Persembahkan Koleksi Bertema Doraemon di Modo 2019

Karya Ivan Gunawan ditampilkan dalam seremonial pembukaan Modo 2019.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ivan Gunawan. (Suara.com/Sumarni)
Ivan Gunawan. (Suara.com/Sumarni)

Dewiku.com - Pekan Peragaan Busana Doraemon atau Modo 2019 hadir dan diselenggarakan untuk pertama kalinya di Indonesia. Karya Ivan Gunawan turut memeriahkan ajang tersebut.

Gelaran mode yang menampilkan kolaborasi karakter Doraemon dengan perancang-perancang busana Indonesia ini diselenggarakan pada 13-14 Februari 2019 di Main Atrium East Mall Lantai 1 Grand Indonesia, Jakarta.

Pembukaan Modo 2019 ditandai dengan peragaan perdana 30 set koleksi rancangan Ivan Gunawan. Terdiri dari 25 busana perempuan dan lima busana lelaki.

''Saya menamai koleksi ini ‘Kuroba’ yang memiliki makna sayap hitam. Ini merupakan interpretasi saya terhadap tokoh Doraemon yang saya cintai sejak kecil. Tergenggam harapan sayap ini membawa Doraemon ke jenjang yang lebih tinggi,'' kata Ivan Gunawan di sela-sela Modo 2019, seperti dikutip dari Suara.com.

Dalam peragaan busana tersebut, Ivan Gunawan membagi dua karakter busana pada sesi yang berbeda. Pertama, karakter Doraemon diinfuskan secara logis dalam bentuk siluet Doraemon dan kawan-kawan menjadi motif bahan yang dicetak khusus.

Dari bahan bermotif karakter tersebut, hadirlah bentuk dan potongan-potongan busana baru yang lurus, longgar, dan bertumpuk dalam gaya khas harajuku nan edgy.

Ivan Gunawan persembahkan koleksi bertema Doraemon di Modo 2019. (Suara.com/Dinda Rachmawati)
Ivan Gunawan persembahkan koleksi bertema Doraemon di Modo 2019. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Bahan yang digunakan pun beragam, mulai dari katun hingga mika. Warna nude, hitam, dan putih menjadi penanda kuat dari koleksi busana ini.

Pada sesi kedua, karakter Doraemon tersublim menjadi bentuk yang lebih halus. Satu per satu ditampilkan dalam desain yang lebih sophisticated, elegant dan clean, sebagai cerminan jiwa rancangan Ivan Gunawan selama ini.

Presentasi koleksi didominasi tekstil polos modern, seperti mikado, brokat, velvet, tulle hingga netting dalam hitam dan putih. Ciri khas Doraemon ditonjolkan dalam bentuk topi dengan baling-baling dan lonceng.

Bagian paling spesial, Ivan Gunawan juga menampilkan koleksi masterpiece berupa selembar jubah megah dan mewah bermotif kepala-kepala tokoh Doraemon, Shizuka, dan Nobita yang dibordirkan di sekujur outer berbahan keemasan untuk menutup peragaan. Dari kejauhan tampak mirip Gofuku, bahan sutera yang digunakan untuk membuat kimono tradisional Jepang.

Ivan Gunawan persembahkan koleksi bertema Doraemon di Modo 2019. (Suara.com/Dinda Rachmawati)
Ivan Gunawan persembahkan koleksi bertema Doraemon di Modo 2019. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Dalam koleksi ini, Ivan Gunawan juga berkolaborasi dengan desainer aksesori berkelas dunia, Rinaldy Yunardi. Keduanya menjadikan aksesori busana sebagai benang merah koleksi dan menggunakan kacamata Optik Seis untuk melengkapi karya busananya di Modo 2019.

Selain Ivan Gunawan, sejumlah brand fesyen lain seperti Jii by Gloria Agatha, Monday to Sunday, Third Day, 3 Mongkis dan Harajuku x Hannie Hananto juga muncul dan menampilkan koleksi masing-masing yang tentunya juga bertema Doraemon. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Berita Terkait

Berita Terkini