Bukan Sekedar Gaya, Ini Alasan Kamu Perlu Pakai Kacamata Hitam

Ada yang hobi pakai kacamata hitam di luar ruangan?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 22 Februari 2019 icon 09:00 WIB
Bukan Sekedar Gaya, Ini Alasan Kamu Perlu Pakai Kacamata Hitam

Ilustrasi kacamata. (Unsplash/Frankie Codroba)

Kacamata hitam identik dengan item fesyen yang menyempurnakan penampilan. Namun rupanya tak sekadar demi gaya, kacamata hitam punya peran penting dalam mencegah risiko katarak.

Dr. Setiyo Budi Riyanto, SpM(K), Kepala Bedah Refraktif JEC, Direktur Utama JEC Menteng, mengungkapkan kini katarak tak hanya dialami usia tua tapi juga bergeser ke usia muda. Alasannya karena paparan sinar ultraviolet saat berada di luar ruangan.

''Selain usia, sinar ultraviolet juga dapat meningkatkan risiko katarak. Kalau nggak pakai sunglasses saat terpapar sinar matahari misalnya saat bermain golf atau naik kendaraan bermotor itu bisa katarak usia muda,'' kata dia dalam temu media di Jakarta, Rabu (20/2/2019), seperti dikutip dari Suara.com.

Baca Juga: Ini 5 Kacamata Termahal di Dunia, Ada yang Harganya Rp 5 Miliar

Menurut dia, mulai banyak pasien usia muda yang sudah terkena katarak. Padahal, umumnya katarak terjadi pada usia 60-an.

Ilustrasi kacamata. (Unsplash/Stephany Lorena)
Ilustrasi kacamata. (Unsplash/Stephany Lorena)

''Usia 40 tahun sudah operasi karena aktivitasnya di luar tapi jarang pakai sunglasses. Dulu usia katarak mulai 60-an, tapi sekarang sudah kepala lima. Jadi pastikan kalau keluar ruangan pakai kacamata yang ada filter UV-nya,'' terangnya.

Meski begitu, dr. Budi juga menyarankan jangan asal pilih kacamata hitam. Pilihlah yang memiliki filter anti UV agar benar-benar menghalau mata dari sinar ultraviolet.

Baca Juga: Gadis Ini Menulis Surat ke Disney, Minta Lebih Banyak Karakter Berkacamata

Baca Juga: Kenapa Cewek Lebih Tertarik dengan Cowok Berkacamata?

''Biasanya pada kacamata biasa jarang yang ada filter UV-nya. Lebih bagus yang memang anti UV-nya bagus,'' tegas dia. (Firsta Nodia)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI