Fashion

Biar Tidak Kelihatan Gemuk, Tips Pakai Baju Lebaran Model Oversized

Sudah beli baju Lebaran?

Rima Sekarani Imamun Nissa

Perempuan berhijab. (Unsplash/Agung Raharja)
Perempuan berhijab. (Unsplash/Agung Raharja)

Dewiku.com - Ada yang sudah beli baju lebaran? Umumnya, baju Lebaran cenderung memiliki model oversized. Hal itu karena dianggap lebih sesuai dengan syariat Islam, di mana pakaian harus tidak memperlihat bentuk tubuh.

Namun, mengenakan pakaian dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran tubuh memang harus tricky. Jika tak pintar memadupadankannya, kamu bisa terlihat lebih gemuk. Nah, agar tidak terlihat gemuk saat memakai baju lebaran model oversized, ikuti tips berikut ini.

1. Perhatikan proporsi pakaian

Jika kamu menggunakan atasan oversized, padankan dengan bawahan yang tidak terlalu besar atau cenderung fitted. Begitu pun sebaliknya, jika kamu memakai bawahan oversized, sebaiknya padukan dengan atasan yang tidak terlalu besar.

2. Pilih ukuran all size

Pakaian oversized ada yang mempunyai satu ukuran atau all size. ada juga yang memiliki ukuran bertingkat seperti XL, XXL, dan seterusnya.

Kalau ukuran tubuhmu cenderung normal, sebaiknya pilih pakaian oversized yang satu ukuran atau all size. Pakaian ini biasanya mempunyai ukuran yang tidak terlalu mencolok perbedaannya dengan pakaian berpotongan normal. Kalau memilih ukuran pakaian yang terlalu besar dari seharusnya, kamu akan terlihat lebih gemuk. Idealnya, pilih pakaian oversized dengan ukuran maksimal tiga ukuran di atas ukuran normal.

Perempuan berhijab. (Unsplash/Gilang Hadi)
Perempuan berhijab. (Unsplash/Gilang Hadi)

3. Manfaatkan ikat pinggang atau aksen pada pinggang

Ikat pinggan, pita, atau tali dapat membantu memberikan ilusi agar tubuh tampak lebih ramping. Selain itu, bisa sekalian menjadi aksen yang mempermanis tampilan pakaian oversized kamu. Pilihlah ikat pinggang atau aksen dengan detail unik sebagai fashion statement pada oversized dress agar baju lebaran andalanmu mencuri perhatian.

4. Perhatikan bahan pakaian

Khusus pakain oversized, hindari material yang tebal dan bertekstur seperti rajutan atau wol. Itu hanya akan membuat kamu terlihat lebih gemuk dan berisi. Pakaian oversized dengan material ringan dan melayang lebih bersahabat untuk menciptakan ilusi ramping.

Perempuan berhijab. (Unsplash/Katsiaryna Endruszkiewicz)
Perempuan berhijab. (Unsplash/Katsiaryna Endruszkiewicz)

5. Pilih warna gelap

Bukan rahasia lagi jia hitam dan warna gelap lainnya dapat menciptakan efek ramping? Jadi, saat kamu sedang mengenakan busana oversized untuk baju lebaran, sebaiknya pilih warna gelap seperti hitam, navy, atau abu-abu tua. Cara ini ampuh untuk menyamarkan bentuk tubuh yang agak besar dan membuatnya tampak lebih langsing. (Suara.com/Vania Rossa)

Berita Terkait

Berita Terkini