Dapat Kritikan Pedas, Ada Tulisan 'Allah' di Rok Mini Ini

Desain rok mini tersebut dianggap sangat tidak pantas.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 24 Mei 2019 icon 07:30 WIB
Dapat Kritikan Pedas, Ada Tulisan 'Allah' di Rok Mini Ini

Rok mini. (Unsplash/Isabela Kronemberger)

Situs mode Redbubble menuai kritikan pedas karena menjual rok mini dengan tulisan Arab di atasnya. Bahkan, tulisan 'Allah' ikut tertera di sana.

Para pengguna di Twitter mengatakan bahwa itu benar-benar tidak pantas. Kata-kata yang terpampang di rok mini tersebut jelas-jelas memiliki makna keagamaan yang sangat besar bagi umat Islam.

"Ini sangat bodoh," kata seseorang netizen di Twitter.

Baca Juga: Pesona Shanina Shaik, Model Victoria's Secret Berdarah Pakistan

Redbubble akhirnya menghilangkan rok mini yang menuai kontroversi itu dari display website mereka. Meski begitu, jejak digitalnya tetap saja tidak dapat hilang begitu saja, terutama di media sosial.

Situs mode Redbubble memang biasa mengajak para seniman independen berkolaborasi dengan mencetak karya mereka di berbagai produk fesyen.

Rok mini dengan tulisan Allah. (Twitter/@RepiakaMoni)
Rok mini dengan tulisan Allah. (Twitter/@RepiakaMoni)

Sebelum kasus rok mini yang kontroversial ini, tepatnya pada awal bulan Mei, seseorang melihat rok serupa dengan harga berkisar antara £ 25 - £ 28 atau Rp 450 ribu - Rp 500 ribu. Namun, rok mini itu bergambar Golden Temple dan Guru Nanak Dev, pendiri Sikh yang merupakan agama terbesar ketiga di India.

Baca Juga: Terkenal dan Kontroversial, Begini Perjalanan Hidup Cardi B

"Apa ini? Ini menyinggung Sikh di seluruh dunia! Beraninya kamu menggunakan tempat tersuci bagi Sikh sebagai mode dan menggunakan wajah Guru Nanak Dev Ji di rok mini," kata seorang pengguna Twitter.

Dilansir dari laman Metro, Redbubble memberikan pernyataan bahwa pihaknya memiliki pedoman konten dan tim khusus yang secara proaktif mencari desain antimainstream.

Rok mini. (Unsplash/Jeff Hardi)
Rok mini. (Unsplash/Jeff Hardi)

"Kami juga meninjau umpan balik dari komunitas tentang konten yang berpotensi menyinggung atau tidak pantas, dan mengambil tindakan cepat. Kami memahami dan menghormati sentimen yang diajukan bahwa beberapa desain yang terinspirasi oleh citra religius dan signifikan secara budaya, dapat menyinggung beberapa orang di komunitas Sikh dan Muslim ketika ditempatkan pada produk tertentu," ungkap pihak Redbubble.

Baca Juga: Intip Gaya Girly Selebgram Abel Cantika, yuk!

Redbubble telah mengambil tindakan dengan menghapus produk berdesain terkait karena menghormati umpan balik dari komunitas. Mereka juga berterima kasih kepada anggota masyarakat yang berbagi perspektif dengan Redbubble. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI