Fashion

Berisi Pesan untuk Pangeran Charles, Ini Gaun Balas Dendam Putri Diana

Gaun hitam yang dipakai Putri Diana pada tahun 1994 silam itu memiliki makna tersembunyi.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati

Pangeran Charles dan Putri Diana. (Shutterstock)
Pangeran Charles dan Putri Diana. (Shutterstock)

Dewiku.com - Keluarga kerajaan Inggris termasuk salah satu yang ketat seputar urusan penampilan. Sebelum tampil di hadapan publik, ada banyak protokol pakaian yang harus diikuti.

Meski begitu, beberapa anggota keluarga kerajaan Inggris pernah melanggar aturan tersebut. Salah satunya adalah Putri Diana.

Dikenal dengan gayanya yang ikonik, Putri Diana ternyata pernah mencuri perhatian dengan 'gaun balas dendam'.

Melansir laman People, gaun Putri Diana yang dijuluki 'gaun balas dendam' itu dipakai Putri Diana pada Juni 1994 ketika menghadiri acara di Serpentine Gallery.

Gaun hitam itu mempunyai gaya off-shoulder dan asimetris, dengan hiasan kain sifon hitam di bagian pinggang.

Tidak hanya melanggar aturan kerajaan, gaun hitam itu punya model yang terbuka dan seksi. Namun, ternyata ada alasan mengapa Putri Diana memilih memakai gaun tersebut.

Diketahui, Putri Diana sengaja memakai gaun itu bersamaan dengan momen Pangeran Charles mengaku selingkuh di televisi.

Dalam sebuah siaran dokumenter yang ditayangkan satu setengah tahun setelah perceraian mereka, Pangeran Charles mengaku jika dia selalu setia dengan Putri Diana sebelum memutuskan selingkuh.

Pangeran Charles kala itu diduga selingkuh dengan Camilla Parker-Bowles yang kini telah menjadi istri sahnya.

Gaun Balas Dendam Putri Diana (youtube.com/PeopleTV)
Gaun Balas Dendam Putri Diana (youtube.com/PeopleTV)

"Ini adalah hal yang sangat saya sesalkan untuk terjadi, tapi ini terjadi, dan dalam kasus ini, saya sudah melakukannya," ungkap Pangeran Charles.

Karena itulah, muncul dugaan bahwa Putri Diana sengaja memilih gaun tersebut untuk tampil di depan publik.

Walau Putri Diana sebenarnya punya pilihan untuk tidak datang ke acara gala di Serpentine Gallery, dirinya memilih untuk tetap muncul tapi dengan gaun balas dendam.

"Tentu saja Diana tahu dia bakal menjadi pusat perhatian. Dia tidak perlu mengatakan apa-apa. Ini adalah respons lewat fesyen, gaun itu menjadi pesan yang jelas untuk Charles dan dunia," jelas Senior Style Editor Brittany Talarico untuk People.

Mulanya, Putri Diana hendak menggunakan gaun buatan Valentino. Namun, setelah mendengar kabar perselingkuhan Pangeran Charles, dirinya memilih untuk memakai gaun hitam buatan Christina Stambolian.

"Dia memutuskan akan melawan, dan dia memutuskan akan memakai gaun yang sebelumnya ditolak karena terlalu seksi. Dia akan memakainya dan muncul ke depan publik," lanjut desainer pakaian untuk musikal Diana di Broadway.

Putri Diana sendiri diketahui melelang gaun balas dendam itu tiga tahun kemudian. Gaun tersebut lalu terjual dengan harga USD 65.000 atau sekitar Rp 938 juta. Hasil penjualan disumbangkan kepada lembaga penggalangan dana untuk penderita kanker dan AIDS.

Berita Terkait

Berita Terkini