Fashion

Dijuluki Gaun John Travolta, Busana Putri Diana Ini Terjual Rp4 Miliar

Putri Diana tampak menggunakan gaun itu saat berdansa dengan aktor John Travolta.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi patung Putri Diana. (Pixabay/Sciffler)
Ilustrasi patung Putri Diana. (Pixabay/Sciffler)

Dewiku.com - Pesona Putri Diana memang tidak ada habisnya kalau dikaitkan dengan perkembangan mode dunia. Gaya busana sang putri menjadi legenda sepanjang masa.

Gaya busana Putri Diana memang sering mendapatkan sorotan publik, bahkan hingga kini. Caranya berpakaian pun telah menginspirasi banyak orang.

Beberapa busana yang dikenakan Putri Diana juga terkenal dengan kisah-kisah menarik. Contohnya adalah gaun seksi dengan off-shoulder dan potongan asimetris yang dijuluki ‘gaun balas dendam’.

Gaun hitam itu disebut sengaja dipilih Putri Diana ketika menghadiri acara di Serpentine Gallery pada Juni 1994 yang bersamaan dengan momen Pangeran Charles mengaku selingkuh di televisi.

Tidak kalah menarik, jangan lupakan juga momen ketika Putri Diana berdansa dengan aktor John Travolta dalam White House Gala tahun 1985.

Momen legendaris Putri Diana berdansa bersama aktor John Travolta. (Pixabay/skeeze)
Momen legendaris Putri Diana berdansa bersama aktor John Travolta. (Pixabay/skeeze)

Potret sang putri dan bintang Hollywood yang beraksi di lantai dansa menjadi berita utama di seluruh dunia. Gaun beludru biru gelap rancangan Victor Edelstein yang dipakai Putri Diana kala itu lalu terkenal dengan julukan ‘gaun John Travolta’.

Melansir Daily Star, gaun itu awalnya dilelang dan diharapkan bisa terjual antara 250 ribu hingga 350 ribu poundsterling atau sekitar Rp4,7 miliar hingga Rp6,6 miliar lewat Passion for Fashion Sale di Kerry Taylor Auctions, London.

Namun, angka yang didapat waktu itu ternyata malah tak sampai 200 poundsterling atau di bawah Rp3,8 miliar.

Namun setelah pelelangan itu, gaun Putri Diana itu rupanya dibeli Historic Royal Palaces seharga 220 ribu poundsterling atau sekitar Rp4,1 miliar pada Desember 2019 lalu.

Gaun itu selanjutnya bakal dipajang di bekas rumah sang putri, Istana Kensington. Busana tersebut bakal jadi daya tarik luar biasa saat istana kembali dibuka untuk umum pada Kamis (30/7/2020) kemarin.

Istana Kensington sendiri sudah ditutup selama beberapa waktu terakhir akibat pandemi Covid-19. Seiring dengan pelonggaran kebijakan penguncian wilayah, bangunan itu dapat kembali dikunjungi orang-orang mulai pekan ini.

Kepala Istana Kensington, Sam Owen mengatakan, "Kami senang dapat menyambut pengunjung kembali ke istana lagi Kamis ini."

Ilustrasi Istana Kensington. (Shutterstock)
Ilustrasi Istana Kensington. (Shutterstock)

"Istana Kensington dibangun untuk dinikmati oleh ratusan orang dan sedih melihatnya begitu sunyi selama beberapa bulan terakhir," lanjut dia.

Sam Owen juga mengatakan bahwa dia dan timnya tak sabar menyambut para pengunjung berdatangan kembali.

"Kami tak pernah membutuhkan dukungan lebih dari mereka. Setiap kunjungan adalah kontribusi penting untuk membantu kami memelihara bangunan indah ini untuk generasi yang akan datang," ucapnya kemudian.

Berita Terkait

Berita Terkini